Kapolres Metro Bekasi Kabupaten, Komisaris Besar Asep Adisaputra saat launching Satgas Lancar Jaya membantu pemudik pada lebaran 2017.(foto:jonder sihotang)

Bantu Pemudik, Polres Metro Bekasi Siapkan Satgas Lancar Jaya

BEKASI (IndependensI.com) – Guna membantu kelancaran masyarakat khususnya pada masa mudik Lebaran 2017  ini, dan mengantisipasi adanya masalah pada kendaraan pemudik, Polres Metro Bekasi Kabupaten membentuk tim Satuan Petugas (Satgas) Lancar Jaya.

Tanda dimulainya Satgas tersebut, bertempat di Parking Bay kilo meter (KM)18 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Tambun Kabupaten Bekasi dilaksanakan launching dan simulasi, dipimpin Kapolres Metro Bekasi Kabupaten Komisaris Besar Asep Adisaputra, didampingi Kasat Lantas, Kasat Sabhara, Kasi Propam, Kasubbag Humas, dan Kapolsek Tambun, Jumat (16/6/2017).

Asep menjelaskan, Satgas Lancar Jaya ditempatkan di tiga titik pada ruas jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek). Diantaranya pada kilometer 17 sampai 40, Gerbang Cikarang Utama, dan di Rest Area kilometer 33. Dan tiap-tiap lokasi ditempatkan tiga petugas Satgas, dilengkapi dua unit kendaraan bermotor. “Mereka bertugas setiap 12 jam,” katanya.

Para petugas Satgas dilengkapi peralatan khusus untuk mengantisipasi kendaraan yang bermasalah atau mogok. Yang disediakan antara lain bahan bakar minyak (BBM), dongkrak, aki, senter dan alat lainnya.

Kapolres Asep menjelaskan, tugas pokok satgas membantu masyarakat yang jika dalam perjalanannya memerlukan bantuan seperti kempis ban, bensin habis, dan mesin bermasalah. Jika ada permasalahan yang lebih lagi, akan disiapkan juga mobil derek dan mobil ambulance.

Kemudian personil Satgas Lancar Jaya harus bersikap quick respond terhadap laporan masyarakat jika terjadi gangguan dalam perjalanan mudiknya. Sebab Satgas mempunyai tanggung jawab sebagai anggota polri untuk memberikan rasa aman dan rasa nyaman terhadap masyarakat, yang dalam hal ini sedang perjalanan mudik.

Fokus utama pelayanan Satgas dimulai dari kilometer 17 sampai dengan 40. Tapi juga memungkinan untuk membantu lebih dari jarak 23 kilometer tersebut. Kapolres menjelaskan kelengkapan peralatan perorangan personil Satgas di dalam box motor masing-masing personil haruslah terdapat, dongkrak, senter,, jemper, jerigen isi limaiter BBM, corong dan power bank.

“Itu semua merupakan kelengkapan minimal yang harus ada didalam box motor masing-masing personil Satgas, karena itu merupakan barang-barang yang paling sering dibutuhkan masyarakat dalam perjalanan mudiknya,” ujar Kapolres Asep.

Kapolres mengimbauan masyarakat untuk selalu berhati-hati dan selalu menaati peraturan lalu-lintas. Kemudian mengingatkan juga untuk mengisi BBM di rest area selanjtunya yaitu di rest area kilo meter 19 dengan mengisi penuh BBM dan menambahkan angin pada ban serep untuk mencegah jika terjadi masalah. (jonder sihotang)