Angkot K02 Bekasi-Pondokgede Dapat Bantuan AC dari Kemenhub

BEKASI (IndependensI.com) – Bantuan Kementerian Perhubungan terkait pengadaan perangkat air conditioner (AC) bagi angkutan perkotaan (Angkot) di Kota Bekasi  mulai dinikmati masyarakat. Angkutan trayek K02 jurusan Bekasi-Pondokgede mendapat prioritas untuk bantuan pengadaan perangkat AC tersebut.

Kepala Dishub Kota Bekasi Yayan Yuliana, Selasa (4/7) mengatakan, pertimbangan pihaknya memprioritaskan rute K02 sebagai penerima bantuan AC tersebut karena rute yang dilayani paliing jauh daripada trayek-trayek angkot lain yang beroperasi di Kota Bekasi.

“Agar penumpang tetap nyaman meskipun menempuh perjalanan jauh, rute K02 ini yang terus kami dorong untuk berbenah. Salah satunya dengan mendistribusikan bantuan AC dari Kemenhub,” katanya.

Sebelumnya, angkot trayek K02 juga yang pertama kali memasang perangkat AC di armadanya hingga didaulat Kemenhub sebagai angkot percontohan jelang pemberlakuan Peraturan Menteri Perhubungan nomor 29 tahun 2015. Amanat Permenhub tersebut mewajibkan seluruh angkutan kota dilengkapi fasilitas pendingin udara pada 2018.

“Tahun 2018 ‘kan sebentar lagi, dari sekarang angkot-angkot kami dorong agar secara bertahap bisa dilengkapi dengan AC agar sesuai amanat Permenhub tersebut,” ia menambahkan.

Dishub ujarnya, juga menyiapkan penyelenggaraan semacam pembinaan untuk para sopir angkot seputar Permenhub tersebut. Harapannya, para sopir bisa menyesuaikan diri dengan aturan ini, sehingga bisa bersikap disiplin saat mengendarai angkutan yang nantinya sudah dilengkapi pendingin udara.

Saat ini, di Kota Bejasi baru ada satu angkot ber AC. Perangkat AC nya batuan dari Kemenhub sebagai percintohan. Diharapkan, pada saatnya semua angkot di Kota Bekasi, dilengkapi fasilitas AC. (jonder sihotang)