Pemutaran film “Mimpi Setinggi Mata Kaki” untuk memotivasi anak-anak diisi oleh Kaprodi Ilmu Komunikasi Ratih Kurnia Hidayati S.I.Kom, M.Si dan dosen Ilmu Komunikasi Danang Trijayanto, M.A. di Desa Sukamulih, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Sabtu (5/8/2017). (Dokumentasi UTA'45)

Mahasiswa UTA’45 Memotivasi Anak-anak Melalui Film Pendek

SUKAMULIH (IndependensI.com) – Memotivasi anak-anak tidak harus dengan mengguruinya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberi contoh lewat tayangan film pendek.

Cara itulah yang dilakukan mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta (UTA’45) yang sedang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Sukamulih, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Para mahasiswa dari Kelompok 9, yang berada di bawah asuhan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Tri Wahyu Kuningsih, M. Eng, memutarkan film “Mimpi Setinggi Mata Kaki” yang berdurasi 10 menit. Film pendek bertema pendidikan itu diputar di gedung Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah, Sabtu (5/8/2017).

Kegiatan berlangsung selama tiga jam mulai 15.00 sampai 17.00 WIB. Dalam kesempatan itu hadir juga Kaprodi Ilmu Komunikasi Ratih Kurnia Hidayati S.I.Kom, M.Si dan dosen Ilmu Komunikasi yaitu Danang Trijayanto, M.A.

Selain memberikan motivasi melalui pemutaran film, mahasiswa Kelompok 9 juga memberikan salam perpisahan kepada anak didik selama satu minggu. Berlangsungnya kegiatan menonton Film Pendek Edukasi bertemakan Pendidikan disambut dengan meriah dan antusias oleh siswa-siswi Madrasah Ibtidaiyah.

“Program yang sudah disusun Kelompok 9 sangatlah baik, cukup signifikan untuk memotivasi anak-anak supaya giat belajar dan bisa meraih cita-citanya. Semangat terus untuk Kelompok 9,” kata Ratih.

Mahasiswa UTA’45 Bagikan Tempat Sampah di Kiarasari

Anak-anak lebih mudah menyerap informasi yang diberikan lewat media audio-visual. Film pendek ini memperlihatkan pentingnya pendidikan sehingga anak-anak lebih termotivasi untuk belajar.

Kelompok 9, yang diketuai Muhammad Ridwan dari Fakultas Teknik, berharap pemutaran film pendek bertemakan pendidikan ini menjadi program terbaik di KKN tahun ini.

KKN kelompok 9 yang dipimpin oleh ketua kelompok dari Fakultas Teknik yaitu Muhammad Ridwan menyusun kegiatan Edukasi Film Pendek yang bertemakan Pendidikan menjadi program terbaik. (Dinda Khoirunisa)