Foto bertanggal 30 Mei 2017 ini memperlihatkan gelandang Guangzhou Evergrande, Paulinho (tengah), merayakan golnya ke gawang Kashima Antlers pada pertandingan Liga Champions Asia di Kashima, Jepang. (AFP)

Giliran Klub China Jual Pemain ke Eropa

BARCELONA (IndependensI.com) – Klub Liga Super China (CSL), Guangzhou Evergrande, menjual Paulinho ke Barcelona. Penjualan pemain asal Brasil ini adalah sesuatu yang unik karena biasanya klub Eropa yang melego pemainnya ke China.

Paulinho dilaporkan segera menandatangani kontrak bernilai 40 juta dengan Barca. Gelandang berusia 29 tahun itu kemungkinan diperkenalkan sebagai pemain baru Barca pada Senin (14/8/2017).

Paulinho menjadi pemain pertama yang direkrut Barca setelah melepas Neymar ke Paris Saint-Germain (PSG). Neymar membebaskan diri dari ikatan Barca dengan membayar 222 juta euro sebelum pindah ke PSG menjadi pemain termahal dunia.

Petih Shanghai SIP, Andre Villas-Boas, mengatakan transfer Paulinho ikut mengangkat gengsi CSL. “Karena Paulinho sudah pernah bermain di sini, dia tampil begitu bagus, sekarang dia ditransfer ke salah satu klub terbesar dunia,” kata Villas-Boas seperti dikutip kantor berita AFP.

“Hal itu memperlihatkan bahwa sekarang klub besar juga memperhatikan liga kami. (Transfer) itu mencerminkan mutu pemain dan kualitas pekerjaan yang kami lakukan di sini,” ujar mantan pelatih Chelsea itu.

Barcelona masih irit komentar tentang kepindahan Paulinho, yang gagal bersinar selama dua tahun memperkuat Tottenham Hotspur di Liga Inggris. Pada 2015, Paulinho pindah ke Guangzhou.

Sejak pindah ke China, penampilan Paulinho meningkat. Di tim nasional Brasil, di bawah pelatih Tite, Paulinho bersinar. Pada kualifikasi Piala Dunia 2018, Maret lalu, dia bikin hat-trick dalam kemenangan 4-1 atas Uruguay.

Paulinho berperan penting dalam keberhasilan Evergrande menjuarai CSL musim lalu dan ikut mengangkat trofi Liga Champions Asia 2015. Kini klub itu unggul lima poin atas SIPG di klasemen sementara CSL.

Paulinho absen dalam kemenangan 2-1 atas Henan Jianye, Minggu (13/8/2017). Kapten Zheng Zhi mengatakan kepergian Paulinho akan menjadi kerugian besar buat timnya, terutama karena sekarang jendela transfer paruh musim di China sudah ditutup.

“Saya rasa di tahap ini kami sudah tidak bisa lagi menambah pemain,” kata Zheng.

“Kami sudah kehilangan pemain utama dan hal ini pasti akan berdampak kepada tim. Tapi apa pun yang terjadi, kami tetap memberi selamat buat Paulinho,” ujarnya.

SIPG tetap menempati peringkat dua klasemen sementara CSL usai mengalahkan Chongqing Lifan 3-2 pada Minggu malam.

One comment

Comments are closed.