Tol Palindra, Perlancar Distribusi

Loading

PALEMBANG (IndependensI.com) -Pemerintah melalui Kementerian PUPR terus menambah panjang jalan tol di Indonesia untuk meningkatkan konektivitas guna memperlancar distribusi dan menurunkan biaya logistik barang dan jasa. Menteri Basuki mengatakan, pembangunan Tol Palindra nantinya  juga akan mendukung pelaksanaan Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang.

Tol Palindra dengan nilai investasi sebesar Rp 3,3 triliun merupakan salah satu ruas tol penugasan Pemerintah kepada PT. Hutama Karya melalui Perpres Nomor 117 Tahun 2015.

Total panjangnya 22 km terdiri dari tiga seksi, yakni seksi I ruas Palembang – Pamulutan (7,8 km), seksi II Pamulutan – KTM (4,9 km) dan seksi III KTM – Simpang Indralaya (9,3 km).

Pembangunannya telah dimulai sejak tahun 2015 dan saat ini progres konstruksi untuk seksi II sudah 26,27 persen dan seksi III sebesar 83,14 persen dan ditargetkan bisa selesai seluruhnya tahun 2018.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Herry TZ mengungkapkan, usai diresmikan Tol Palindra seksi I ini akan dibuka untuk digunakan masyarakat tanpa dikenakan biaya selama masa uji coba. “Tol ini baru keluar sertifikat layak fungsinya sehingga bisa diresmikan. Selanjutnya sambil menunggu keputusan penetapan tarif, tol Palindra dapat dilewati tanpa tarif,” jelasnya.

Sementara untuk seksi II Tol Palindra dikatakan Herry sudah memasuki tahap konstruksi setelah sebelumnya sempat terkendala pembebasan lahan. Sementara untuk seksi III progresnya sesuai jadwal dan ditargetkan akan rampung pada Desember 2017.

“Seksi III Tol Palindra sedang dilakukan penyedotan untuk mengurangi kadar air pada tanah rawa sehingga pengerasan tanah dan pengaspalan dapat optimal. Ditargetkan selesai pada Januari 2018,” jelas Herry.

Selain Tol Palindra, guna mendukung pelaksanaan Asian Games XVIII 2018 di Palembang dan Jakarta, Herry TZ menargetkan ruas tol mulai dari Bakaheuni-Lampung hingga Palembang akan selesai pada Juli 2018.