Menteri Kesejahteraan Anak Mundur Terkait Perilaku Tak Senonoh

Loading

LONDON (IndependensI.com) – Menteri Skotlandia urusan Kesejahteraan Anak, Mark McDonald, pada Sabtu (4/11/2017) atau Minggu WIB mengundurkan diri dari jabatannya terkait tuduhan menyangkut kehidupan pribadinya, yang ia katakan “tidak pantas”, demikian menurut laporan media Inggris.

McDonald, yang juga merupakan anggota parlemen Skotlandia, mengatakan ia mengundurkan diri dari peranannya sebagai menteri serta secara terbuka “meminta maaf kepada siapa pun jika saya membuat marah atau yang menganggap perilaku saya tidak pantas,” menurut laporan Sky News.

McDonald diketahui merupakan salah satu dari dua anggota Partai Nasional Skotlandia yang saat ini sedang diselidiki oleh partai tersebut terkait kemungkinan melakukan tindakan tak senonoh.

Melalui pernyataan, ia mengatakan, “Saya telah memperhatikan bahwa beberapa tindakan saya sebelumnya telah dianggap tidak pantas, yang saya sendiri yakin itu semata-mata hanya kelakar atau upaya untuk bersikap ramah, perilaku saya mungkin sudah membuat orang lain tidak nyaman atau membuat mereka mempertanyakan maksud saya.” “Dengan mempertimbangkan posisi saya di pemerintahan, saya merasa tidak pantas untuk melanjutkan peranan saya melayani pemerintahan Skotlandia pada saat ini dan saya menyampaikan pengunduran diri saya sebagai menteri,” katanya dalam pernyataan.

Juru bicara pemerintah Skotlandia membenarkan kabar itu, dengan mengatakan bahwa McDonald menyampaikan pengunduran dirinya kepada menteri utama pada Sabtu (4/11/2017).

“Menteri pendidikan bertanggung jawab atas semua aspek pimpinan departemen pendidikan, termasuk bidang yang dipimpin oleh menteri kesejahteraan anak dan anak usia dini. Menteri utama akan menunjuk menteri baru pada saat yang tepat,” kata juru bicara tersebut.

Pengunduran diri McDonald terjadi di tengah serangkaian tudingan pelecehan seksual terhadap sejumlah politisi Inggris.

Mantan Menteri Pertahanan Inggris, Michael Fallon, terpaksa mengundurkan diri pada awal pekan ini.

Dua anggota parlemen asal Partai Buruh, Kelvin Hopkins dan Clive Lewis, sedang berada di bawah penyelidikan.

Anggota parlemen dari kubu Konservatif Charlie Elphicke juga dicopot dari partai terkait “tuduhan serius”. (antara/xinhua/oana)