Pj Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusumah tinjau verifikasi ppdb online. (humas)

Cek Kesiapan Verifikasi PPDB Online, Pj Wali Kota Bekasi Turun Lapangan

BEKASI(IndependensI.com)- Guna mengetahui kondisi tahapan penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2018, Penjabat (Pj) Wali Kota Bekasi Ruddy Gandakusuma turun lapangan. Ia melakukan pengecekan verifikasi pindah rayon atau jalur luar kota dan jalur prestasi  di SD Margahayu 5 Kecamatan Bekasi Timur, Selasa, (26/6/2018).

Kehadirannya  ingin memastikan proses tahapan seleksi PPDB bisa berjalan maksimal.
Setelah dari SDN Margahayu 5, Ruddy meninjau kantor Kecamatan Bekasi Timur. Ia didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Ali Fauzie,  melihat proses verifikasi dan input data hasil berkas siswa yang sudah  dilakukan.

Sebagaimana diketahui, di 12 kecamatan se Kota Bekasi, secara  serentak tanggal  25,26, 28 Juni 2018,  sedang dilakukan verifikasi data siswa yang berkesempatan masuk jalur afirmasi atau warga tidak mampu, dan jalur zonasi atau kewilayahan.

Ruddy  mengapresiasi pelayanan yang diberikan kepada warga oleh jajaran Dinas Pendidikan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan dalam kegiatan ini.

“Saya lihat masyarakat sudah mengetahui tahapan verifikasi semua jalur jelang pendaftaran online PPDB dimulai pada 3 Juli 2018 nanti. Sistem sudah berjalan baik dan saya apresiasi pelayanan oleh jajaran OPD terkait dan aparatur wilayah yang ada. Termasuk kesiapan suport dari PLN dan Telkom terkait aksesibilitas sistem PPDB. Dan semoga kegiatan ini menjadi ladang amal ibadah kita,” ungkap Ruddy.

Terkait penerimaan siswa yang dilakukan sekolah swasta, disebutkan, Disdik dan Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) telah berkoordinasi mengenai rombongan belajar yang tujuan utamanya agar semua anak warga Kota Bekasi bisa mengenyam pendidikan yang layak.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Bekasi Ali Fauzi mengatakan jalur afirmasi atau jalur warga tidak mampu dilakukan verifikasi Kartu Keluarga, NIK di kecamatan. Termasuk   salah satu syarat lain dengan memiliki Kartu Indonesia Pintar atau Kartu Indonesia Sehat atau masuk Program Keluarga Harapan bisa mendaftar di jalur afirmasi tersebut.

Setelah diverifikasi dan diinput data dan dinyatakan berhasil, barulah masuk tahapan pendaftaran sekolah tujuan secara online yang akan dimulai pada 3-5 Juli 2018.

Ali  menyebut Pemkot Bekasi di PPDB 2018/2019 menyediakan 3.700 kursi se-Kota Bekasi melalui jalur afirmasi atau sebanyak 25 persen dari total kursi sebanyak 14.800 untuk sekolah negeri di Kota Bekasi. (jonder sihotang)