Petrokimia Gresik Rilis Buku Solutif Untuk Pelaku Agroindustri

Loading

GRESIK (IndependensI.com)  – BUMN PT Petrokimia Gresik (PG) merilis buku baru dengan judul “Langkah Nyata Menjadi Solusi Bagi Agroindustri”. Buku itu, ditulis oleh Direktur Utama  PT PG Nugroho Christijanto, sebagai bentuk penjabaran terkait arah dan kebijakan pengembangan bisnis perusahaan sebagai produsen pupuk terlengkap di Indonesia.

Nugroho menjelaskan bahwa saat ini PG telah berada dalam usia matang, yaitu hampir setengah abad (46 tahun), dan sudah memiliki 31 pabrik dengan kapasitas produksi 8,9 juta ton per tahun (pupuk dan non-pupuk). Dengan perkembangan dan dinamika bisnis yang ada, perusahaan telah menetapkan destinasinya, yaitu sebagai solusi untuk agroindustri.

“Saat ini core business perusahaan sudah beralih menjadi solusi bagi agroindustri. Artinya, Petrokimia Gresik tidak hanya maju sebagai produsen pupuk dan bahan kimia yang besar saja, namun juga menawarkan solusi untuk dunia agroindustri,” ujarnya, Rabu (5/9/2018).

Arah pengembangan bisnis tersebut, lanjut Nugroho, dituangkan ke dalam buku baru ini agar stakeholder maupun masyarakat luas dapat mengetahui secara lebih mendalam bagaimana dan seperti apa bisnis PG di masa mendatang.

“Kami merasa perlu, untuk menyampaikan arah pengembangan bisnis perusahaan kepada publik. Karena Petrokimia Gresik ini, merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia dan menjadi salah satu agen pembangunan di Indonesia,” terangnya.

Lebih lanjut Nugroho menyebutkan bahwa dalam kerangka menuju solusi untuk agroindustri, pupuk merupakan satu bagian saja. Selain pupuk, dengan kemampuan riset yang kuat, PG juga sudah bisa melebarkan sayap dengan memiliki produk pertanian dari hulu ke hilir, meliputi produk pembenah tanah, benih, pestisida, probiotik, produk olahan pertanian, dan sebagainya.

“Produk-produk inilah yang nantinya akan masuk secara lebih luas ke pasar yang lebih spesifik. Apalagi Petrokimia Gresik memiliki pupuk majemuk NPK dengan lebih dari 46 formula yang customized bisa diproduksi sesuai keinginan konsumen, sehingga bisa menyasar kebutuhan spesifik pelanggan,” ungkapnya.

Peluncuran buku ini semakin menambah daftar buku yang pernah diterbikan oleh perusahaan. Adapun judul buku yang pernah diluncurkan oleh PG dalam beberapa tahun terakhir adalah Menengok ke Belakang, Menggapai Masa Depan (2012), The Untold Stories (2015), Memupuk Kesuburan, Menebar Kemakmuran (2017).

Buku ini, sekaligus menjadi bentuk sumbangsih PG dalam membangun budaya literasi, menangkap gagasan, ide, serta buah pikir perusahaan yang dituangkan ke dalam buku agar dapat terdokumentasi dengan baik dan diketahui oleh publik,” tukasnya.

“Buku ini juga merupakan respon perusahaan terhadap dinamika tantangan bisnis. Sekaligus menyampaikan bagaimana upaya transformasi bisnis yang dilakukan oleh perusahaan,” tandasnya. (Reno)