Kepala BPN Kota Bekasi serahkan serahkan sertifikat TPA ke Pemkot Bekasi. (humas)

Wali Kota  Bekasi Ajak BPN  Bergabung di Mall Pelayanan Publik

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Hari pertama masuk kerja sebagai Wali Kota Bekasi, Senin (24/9/2018) Rahmat Effendi memimpin apel pagi  di Kantor/Badan Pertahanan Nasional (BPN) Kantah Bekasi. Apel kali ini  memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional Tahun 2018.

Saat apel,  dirangkaikan dengan penyerahan satya lencana kepada salah seorang pegawai yang telah bekerja selama 20 tahun mendapatkam sertifikat dari Presiden Republik Indonesia.

Didampingi Kepala BPN Kantah Bekasi, Muhammad Irdan, Pejabat  Sekretaris Daerah, Widodi Indrijanto, Rahmat Effendi membacakan amanat  Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan A Djalil. Dikatakan,  peringatan kali ini bertema ‘Tanah dan Ruang Untuk Keadlian dan Kemakmuran’.

Ini mengandung makna sebagai sebagai satu
kesatuan utuh yang dapat memberikan keadilan dan kemakmuran dalam penggunaan, pemanfaatan, pemilikan untuk seluruh
masyarakat, pelaku usaha maupun negara.

Untuk meningkatkan kualitas rencana tata ruang di Indonesia, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional sudah meluncurkan Sistem Informasi Geografis Tata Ruang (GISTARU) yang memungkinkan setiap orang dapat mengakses rencana tata ruang yang berlaku secara nasional maupun yang berlaku di setiap daerah.

Menteri ATR/BPN mengamanatkan bahwa dengan terbukanya akses terhadap dokumen rencana tata ruang, diharapkan kesadaran masyarakat akan meningkat dan selanjutnya masyarakat berperan aktif dalam proses penyusunan rencana tata ruang dan pengawasan implementasinya.

Sementara Wali Kota Bekasi  mengatakan akan merencanakan mengirim beberapa aparatur sipil negara maupun tenaga kerja kontrak (TKK)  untuk  belajar ke BPN  untuk belajar memahami alur pelayanan BPN yang dibutuhkan oleh masyarakat, baik mengenai sertifikat maupun yang berurusan dengan BPN. Dengan demikian diharapkan   agar singeritas dari Pemerintah Kota Bekasi untuk pelayanan masyarakat bisa bersingeritas.

Wali Kota juga merencanakan akan mengajak BPN agar setara dengan Polres Metro Bekasi dalam pelayanan di Mall Pelayanan Publik yang akan di launching di Atrium Pondok Gede.

“Ini salah satu memudahkan pelayanan warga, agar tidak susah agar tidak repot, cukup datang ke MPP semua kelar dengan cepat” tegas Rahmat Effendi.

Pada kesempatan itu,  Penjabat  Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Widodo Indrijanto menerima sertifikat dari Kepala BPN Kantah Bekasi buku  sertifikat Kantor Pemerintah Kota Bekasi untuk sertifikat Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumur Batu Kecamatan Bantargebang. (jonder sihotang)