Pantau Ketersediaan dan Harga Pangan Jelang Natal dan Tahun Baru

JAKARTA(IndependensI.com) –  Untuk pastikan stok pangan terjamin dan harganya terkendali, Kementan melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) terus melakukan pemantauan secara rutin. Pemantauan juga semakin digiatkan jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru. “Pemerintah akan lebih intensif melakukan monitoring lapangan, khususnya terkait kondisi ketersediaan dan harga pangan,” ujar Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan BKP Risfaheri.

Risfaheri beserta tim turut turun langsung ke pasar untuk memantau stok dan harga pangan. Pada jumat (23/11) lalu, Risfaheri melakukan sidak di pasar-pasar wilayah Bogor setelah sebelumnya turut memantau harga di Pasar Tebet dan Pasar Kebayoran Lama, Jakarta.

Dari hasil pemantauan di Pasar Bogor, yang berlokasi tidak jauh dari Istana Bogor, terlihat bahwa ketersediaan dan pasokan serta harga pangan stabil. “Bahkan beberapa harga bahan pangan seperti bawang merah malah masih di bawah harga acuan pemerintah sebagaimana diatur dalam Permendag 96/2018,” jelas Risfaheri.

Pemantauan juga dilakukan di Pasar Jambu Dua dan Pasar Anyar. Hal yang sama ditemui bahwa pasokan dan harga bahan pangan pokok dalam kondisi stabil.

Risfaheri mengungkapkan bahwa Kementan melakukan pemantauan pasokan dan harga pangan secara rutin setiap hari, tidak hanya saat atau jelang HBKN. Stabilitas pasokan dan harga pangan, menurutnya sangat penting untuk dijaga.

“Kondisi seperti ini terus kita upayakan agar masyarakat lebih tenang, apalagi pada akhir tahun selain perayaan HBKN Natal dan Tahun Baru, ada masa liburan baik anak-anak sekolah maupun pegawai yang tentunya akan mempengaruhi kebutuhan bahan makanan,” pungkas Risfaheri.