Foto : Direktur YLBH FT Fajar Yulianto memotong nasi tumpeng saat peresmian kantor cabang di Tuban Jawa Timur.

Demi Penegakan Hukum, YLBH Fajar Trilaksana Harus Ekspansi Hingga ke Tuban

Loading

TUBAN (independensi.com) – Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (YLBH) Fajar Trilaksana (FT) membuka kantor cabang yang berlokasi di Ruko Tuwiri Park, Jalan Raya Merakurak, Tuwiri Wetan, Kecamatan Merakurak, Tuban, Jawa Timur.

Menurut Direktur YLBH FT,  Fajar Yulianto pembukaan cabang di wilayah Tuban sebagai salah satu upaya memperluas akses untuk memberikan pendampingan hukum bagi masyarakat yang ingin mencari keadilan sesuai aturan perundang-undangan.

“Kami hadir dalam upaya membangun pemahaman tentang hukum, penyuluhan dan mendukung pemerintah dalam penyadaran hukum dengan membentuk Desa Sadar hukum,” ujarnya, Selasa (23/4).

“Untuk mewujudkan hal itu, kami mengajak para stakeholder bersinergi dan menjalin harmoni dalam upaya penyadaran dan penegakan hukum agar masyarakat melek hukum dan sadar tentang persoalan hukum,” tegasnya.

Melalui sinergi dan harmonisasi lanjut Fajar, setidaknya bisa jadikan modal kekuatan tersendiri bagi aparat penegak hukum (Kepolisian, Kejaksaan dan Hakim) untuk melahirkan sebuah kemanfaatan yang besar. Selain, tercapainya kepastian hukum dan keadilan.

“Kami ingin mengajak Kepolisian dan Kejaksaan bersama-sama untuk saling mengingatkan dalam menjalankan profesi masing-masing. Serta, menempatkan dan mengutamakan kepentingan para pencari keadilan,” tuturnya.

“Salah satunya para pencari keadilan kita layani secara profesional dan proposional, tentu kita punya kode etik profesi masing masing (integritas, kualitas dan harmonisasi komunitas),” sambungnya.

“Hakim, Jaksa, Polisi dan Advokat merupakan empat pilar penegak hukum. Keempatnya bukanlah malaikat, makanya perlu saling mengingatkan dan Jangan baperan (bawa perasaan) kalau diingatkan. Supaya kita bisa tetap istiqomah menjalankan profesi kita masing-masing, sesuai rilnya yang telah ditentukan berdasarkan hukum acara yang disediakan. Tentunya dengan selalu menjaga intergritas, sehingga tuntas berprogres,” tandasnya.

Sementara Kepala Cabang YLBH Fajar Trilaksana (FT) Subakir mengaku sangat senang dan mengapresiasi langkah dari Direktur FT yang telah mempercayainya untuk membuka serta mengelola kantor FT di Tuban.

“Sesuai tujuan utama, kami akan berupaya membuka akses para pencari keadilan bagi warga Tuban dan sekitarnya. Sekaligus menjalin hubungan baik dengan warga masyarakat, agar mempermudah dalam menemukan tempat konsultasi hukum dengan segala persoalan yang tengah dihadapi,” pungkasnya.

Untuk diketahui bahwa YLBH Fajar Trilaksana juga telah membuka Posbakum di Kantor Pengadilan Negeri (PN) dan Pengadilan Agama Kabupaten Gresik maupun di Tuban yang tujuannya memberikan pelayananan hukum bagi masyarakat. (Mor)