Paramitha Widya Kusuma, Konsisten Perjuangkan Petani Brebes

Loading

Independensi- Anggota DPR RI Paramitha Widya Kusuma dikenal sebagai Wakil Rakyat yang konsisten memperjuangkan kepentingan petani di daerah asalnya, Kabupaten Brebes.

Salah satu ‘buah’ dari perjuangan Paramitha itu tampak ketika ribuan petani di Kabupaten Brebes menerima bantuan mesin pompa air konversi bahan bakar gas (BBG) pada Oktober 2023.

Selain menerima pompa air BBG, para petani juga menerima bantuan converter kit, bracket, regulator, tabung elpiji, serta selang hisap dan buang.

Paramitha memperjuangkan pompa air BBG ini di DPR-RI, karena dia tahu betul alat ini mampu menekan biaya produksi pertanian.

Perbandingannya, untuk satu tabung gas elpiji ukuran 3 kg setara dengan 6 liter BBM jenis pertalite dalam sekali mengairi tanaman.

Sehingga dengan penggunaan pompa air BBG, petani berpotensi memperoleh keuntungan yang lebih banyak. Karena penggunaan pompa ini bisa menghemat biaya sekitar 65 persen dalam satu kali masa tanam.

Perjuangan Paramitha sebagai Anggota Komisi VII DPR juga berbuah tatkala pada 2022, sebanyak 1.400 paket perdana konverter kit LPG 3 kg didistribusikan untuk para petani di daerah Brebes.

Program yang merupakan kerja sama Kementerian ESDM dan Komisi VII DPR ini, merupakan wujud komitmen Indonesia yang telah meratifikasi Perjanjian Paris.

Paramitha pun berpandangan, berdasarkan perjanjian tersebut, Indonesia wajib menurunkan tingkat emisi yang antara lain dengan menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan, seperti LPG.

Dua tahun sebelumnya, tepatnya pada 2020, Paramitha juga berhasil memperjuangkan bantuan pompa air BBG sebanyak 250 unit kepada ratusan petani Brebes.

Paramitha kala itu menegaskan, dengan menggunakan BBG, akan dapat membantu petani dalam menghemat modal yang biasa dikeluarkan untuk bahan bakar alat pertaniannya.

Sebagai seorang yang dibesarkan di Brebes, Paramitha sangat mengetahui kondisi irigasi pertanian di Kabupaten Brebes dalam kondisi yang sangat memprihatinkan.

Politisi PDI Perjuangan itu yakin jika kondisi irigasi dibiarkan semacam itu maka akan sangat menghambat produktifitas di bidang pertanian.

Oleh karenanya dukungan alat pompa air menjadi salah satu kebutuhan yang sangat mendesak guna meningkatkan produktivitas sekaligus kesejahteraan para petani Brebes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *