Menteri Tenaga Kerja dalam kunjungan menyaksikan tes kesehatan pekerja perempuan yang rentan kanker leher rahim.(humas)

Deteksi Kanker Leher Rahim: Menaker Tinjau Tes IVA Di Kabupaten Bekasi

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Sebagai bentuk kepedulian terhadap pekerja perempuan, di Kabupaten Bekasi, dilakukan tes IVA, sebagai upaya pencegahan dan deteksi kanker leher rahim pada pekerja perempuan dan merupakan bagian dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Penjelasan itu disampaikan Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah  saat  meninjau tes Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) di PT Indofood BCP, Desa Sukadanau, Cikarang Barat, kemarin.

Tes itu dilakukan untuk mendeteksi kanker payudara dan leher rahim untuk dilakukan upaya pencegahan dini. Sebanyak 1000 pekerja perempuan menjalani tes IVA yang dilakukan selama empat hari hingga Sabtu (22/6) mendatang.

“Tes IVA ini program aksi kepedulian pada pekerja perempuan. Dan pemeriksaan ini juga penting sebagai upaya pencegahan dan deteksi kanker leher rahim pada pekerja perempuan dan merupakan bagian dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3),” kata Ida Fauziyah.

Sementara, Plh Bupati Bekasi, Iyan Priyatna mengungkap Pemkab Bekasi mendukung program Kementerian Ketenagakerjaan ini. Kedepan, upaya ini dapat dicontoh oleh perusahaan-perusahaan lain yang ada di Kabupaten Bekasi.

“Tentu Pemerintah Kabupaten Bekasi mendukung kegiatan Kemenaker yang dikhususkan bagi para pekerja perempuan di Kabupaten Bekasi. Semoga dapat menjadi contoh oleh perusahaan lainnya,” tandas Iyan.
Di Kabupaten Bekasi terdapat 11 kawasan industri dihuni 7.600 perusahaan, dan mempekerjakan sejutaan karyawan. Sebagian besar pekerja perempuan yang harus mendapat perlakuan khusus  (jonder sihotang)