Ewindo dan Sekolah Pascasarjana IPB Kerjasama Pengembangan SDM Bidang Hortikultura

Loading

JAKARTA (Independensi.com) — PT East West Seed Indonesia (EWINDO) dan Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (IPB) menandatangani perjanjian Kerja Sama Pendidikan Penyelenggaraan Khusus Program Magister Pemuliaan dan Bioteknologi Tanaman (Magister PBT).

Acara ini berlangsung di gedung Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian Sekolah Pascasarjana IPB, Bogor.

Kerja sama ini mencakup penyelenggaraan program Magister PBT bagi karyawan Divisi Research and Development EWINDO untuk tahun ajaran 2024/2025 hingga 2025/2026, untuk mengembangkan ilmu dan teknologi yang mendukung pertanian yang unggul, modern dan berkelanjutan.

Lulusan kelas khusus ini diharapkan akan memiliki kompetensi di bidang pemuliaan tanaman dan bioteknologi tanaman tropika yang kreatif, inovatif dan partisipatif, serta diakui secara nasional maupun internasional.

”Kami berterima kasih kepada Sekolah Pascasarjana IPB atas kemitraan ini. Di EWINDO, kami percaya dengan benih sayuran berkualitas tinggi dan pelayanan terbaik untuk kesejahteraan petani,” ujar Research and Development Director PT East West Seed Indonesia, Fatkhu Rokhman melalui keterangan persnya, Rabu (3/7/2024)

“Dalam menyediakan benih yang berkualitas, proses pemuliaan tanaman memegang peranan kunci. Oleh karenanya, pengembangan sumber daya manusia untuk profesi pemulia tanaman menjadi sangat dibutuhkan,” imbuhnya

Fatkhu Rokhma menambahkan, program ini juga merupakan perwujudan dari EWINDO Academy sebagai wadah pengembangan diri karyawan, yang salah satu pilarnya adalah ”education enhancement”. Kami berharap kerja sama ini dapat mendorong pengembangan varietas unggul sayuran, sehingga pada akhirnya akan memajukan sektor pertanian hortikultura Indonesia.”

Dekan Sekolah Pascasarjana IPB, Dodik Ridho Nurrochmat, menyampaikan, program Studi Magister PBT memiliki visi sebagai pusat unggulan (center of excellence) bertaraf internasional dalam pengembangan sumber daya manusia yang mampu melakukan penelitian pemuliaan dan bioteknologi tanaman tropika.

“Kami sangat senang dengan adanya penandatanganan kerja sama ini, dan berharap agar kurikulum PS Magister PBT dapat mendukung insan-insan pemulia tanaman EWINDO menjadi intelektual yang unggul dengan kompetensi profesional di era pertanian 4.0, serta memfasilitasi ekosistem tumbuh kembang diri melalui penyediaan suasana akademik yang kondusif.”

Kerja sama EWINDO dengan IPB University dalam pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat) sudah berlangsung sejak lama.

Penandatanganan kerja sama ini semakin menegaskan upaya kedua belah pihak dalam pengembangan sumber daya manusia melalui kemitraan antara dunia akademik dan industri, yang diharapkan dapat menghasilkan luaran yang semakin berdampak berupa pengembangan varietas unggul sayuran yang nantinya akan dinikmati oleh masyarakat luas.

Dari sisi penerapan inovasi dan teknologi, fasilitas pemuliaan tanaman EWINDO juga merupakan yang terdepan di industri benih hortikultura. Beberapa varietas unggul benih ”Cap Panah Merah” hasil pemuliaan tanaman EWINDO yang memberikan dampak peningkatan kesejahteraan petani antara lain Tomat SERVO F1, Semangka AMARA F1dan Cabai Keriting TANGGUH F1.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *