Ilustrasi. (Dok/Ist)

Menjaga Kualitas Petenis Junior, Kejurnas Detec Open Digelar

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Kejuaraan nasional (Kejurnas) bertajuk Detec Open bakal dimainkan pada 12-18 Agustus 2024 di Yogyakarta. Dalam gelaran kesembilan, kejurnas ini menggulir enam Kelompok Umur (KU); 8, 10, 12, 14, 16, dan 18. Kecuali KU termuda, tiap KU menggelar dua nomor, tunggal dan ganda.

“Target kami tak terlepas dari tahun-tahun lalu. Dengan mengadakan kejurnas secara konsisten, Kami berupaya untuk menjaga kualitas pertandingan para petenis junior. Untuk itu, tiap KU kami gelar,” ujar Anshari Nursida selaku Direktur Turnamen melalui keterangan tertulis, Minggu (11/8/2024).

Untuk menyukseskan Kejurnas bertitel Turnamen Diakui PP Pelti (TDP), sepuluh lapangan hardcourt tersedia di dua lokasi. Enam lapangan tenis berada di  Universitas Negeri Yogyakarta dan empat lapangan di Universitas Gadjah Mada. Meski terpisah, kedua arena hanya berjarak 1 km atau lima belas menit dengan jalan kaki.

“Kami berusaha untuk mengisi kekosongan jadwal pertandingan Kejurnas. Sebab itu, jumlah pesertanya tidak sebanyak beberapa tahun sebelumnya. Kurang lebih, 280 petenis muda ikut serta,” kata Anshari.

Kendati demikian, Detec Open tetap memertahankan kualitas penyelenggaraan. Chair Umpire bakal mengawasi pertandingan sejak babak pertama di setiap KU. Begitu pula dengan kehadiran dua Ball Kids yang setia memungut bola di kedua sisi lapangan. Beberapa petenis sepuluh besar Peringkat Nasional PP Pelti (PNP) tercatat sebagai unggulan pertama Kejurnas.

Pada sektor putra, mereka adalah Faid Ramadhan (KU 10), Kiefer Federer Hartono (KU 12), Reavan Rio Suryana (KU 14), Rafa Jeconia Verdasco (KU 16) dan Akmal Junaini (KU 18). Sedangkan pada sektor putri yakni, Ratu Athena Putri (KU 14), Callista Rosiana (KU 16) dan Lailatul Fajria (KU 18).

Konsistensi penyelenggaraan Kejurnas ini selaras dengan misi klub Deddy Prasetyo Tennis Club (Detec) yang juga pendiri sekaligus kepala pelatih. Dia mengungkapkan bahwa pembinaan merupakan faktor elementer bagi prestasi tenis tanah air. Dengan pertandingan kompetitif, para petenis muda bakal mengasah mental dan teknik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *