Sora Fukuda. (Ist/Dwi Ari Setyadi)

Sora Fukuda Juara Pekan Kedua

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Petenis asal Jepang, Sora Fukuda menjuarai nomor tunggal seri kedua Harum Energy Mens World Tennis Tour 2023, Minggu (26/6/2023). Pada partai puncak, wakil Negeri Matahari Terbit itu menundukkan Yurii Dzhavakian , asal Ukraina di lapangan tenis The Sultan Hotel and Residence, Jakarta. Berlaga dua jam kurang lima menit, petenis 25 tahun ink menang straight set, 6-4, 6-3.

“Sungguh nikmat bisa menjuarai turnamen ini. Laga ini berlangsung ketat. Yurii bermain begitu bersemangat. Maksudku, ia terus berlarian ke sana ke mari. Jadi, aku mulai mempertimbangkan visi pukulanku. Aku mesti mendikte pergerakannya untuk memenangkan gim ini,” ujarnya.

Partai puncak ini, pada mulanya, berlangsung sengit. Saling imbang, berbagi tiga gim awal set pembuka. Kali keempat Yurii servis, Sora mencetak break. Berkat double faults lawan, peringkat 945 tunggal dunia itu melebarkan jarak. Sementara itu, servisnya dikuasai sendiri. Termasuk poin keenam, digapainya usai lima kali deuce. Set ini pun berada dalam genggamannya.

“Backhand Yurii sangat bagus. Dia juga cerdik dalam menempatkan dropshot serta slice. Sementara itu, servisnya sudah tentu berkualitas. Meskipun begitu, adakalanya ia gagal dalam dua kesempatan sekaligus,” pemain yang mulai bermain sejak berumur delapan tahun.

Thiemo de Bakker dan Justin Barki (ist)

Momentum berlanjut, Sora membukukan dua kemenangan beruntun kala membuka set kedua. Namun, aksi menggarit servis yang satset di awal set nyaris sia-sia. Nasib baik, pemain kidal itu menghidarkan break di gim kelima. Slicenya lepas dari jangkauan lawan yang jangkung.

Sepanjang laga pagi ini, Sora bagai benteng menghalau serangan. Gagal sebelas upaya lawan merenggut servisnya. Yurii pun mengakui kedigdayaan tersebut. Di setiap harapan yang sirna, raketnya mesti mendengarkan berbagai keluhan dalam kata-kata berbahasa Slavia-timur.

Pada akhirnya, Sora kembali mengambil break untuk menyudahi laga. Selepas berbalas tiga kali pukulan, bola lawan jatuh di luar garis lebar lapangan. Setelah wasit menetapkan bola itu keluar, ia pun terlentang kegirangan akan keberhasilannya.

Poin Maksimal

Sementara itu dari nomor ganda, duet Indonesia-Belanda, Justin Barki bersama Thiemo de Bakker menjuarai ganda seri kedua Harum Energy Mens World Tennis Tour 2023. Keduanya menundukkan duet India, Siddhant Bhantia dan Nitin Kumar Sinha. Keduanya mengatasi unggulan ketiga itu lewat straight set, 6-4 6-3 di Lapangan Tenis The Sultan Hotel and Residence Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

“Bahagia pasti bisa meraih poin maksimal di sektor ganda. Kami tadi bermain solid, ya. Thiemo servis sama returnnya solid. Jadi, gak bisa banyak komplain, lah. Bahagia sama performance kami,” tutur Justin yang baru berpasangan dengan Thiemo pada gelaran ini.

Justin dan Thiemo mampu membukukan tiga gim beruntun di awal set pertama. Keunggulan dua angka ini pun sanggup mereka pertahankan sampai akhir set. Servis aces petenis jangkung dari negeri kincir angin pun menghaturkan poin kemenangan buat keduanya. “Saya senang berpasangan dengan Justin. Ia pemain ganda yang piawai. Apalagi, ia kidal. Saling melengkapi,” ujar Thiemo, yang pernah menembus top 40 tunggal dunia itu.

Berkat hasil turnamen berlevel M15 ITF ini, Justin mengoleksi sembilan gelar sepanjang karir dan kedua pada tahun ini. Kendati demikian, tunggal nomor dua Indonesia ini mengaku belum memiliki target khusus pada sektor ganda dan ingin fokus bermain tunggal. Semata pengingat, lima tahun lalu, ia pernah berada di peringkat 403 ganda dunia.

Sementara itu, langkah andalan Indonesia, Muhammad Rifqi “Tole” Fitriadi (24), terhenti di semifinal Harum Energy Mens World Tennis Tour 2023. Unggulan ketujuh ini dikandaskan wakil Jepang, Sora Fukuda 6-7(6), 6-2, 4-6. “Lawan bermain bagus dari awal gim sampai akhir. Dia semangatnya luar biasa. Dibandingkan dua minggu lalu, hasil ini sudah lebih bagus bisa masuk semifinal. Saat itu saya kalah di babak pertama,” tutur rangking 684 tunggal ATP itu.

Pada seri ketiga pekan mendatang, Tole akan kembali meramaikan turnamen berlevel M15 Jakarta. Ia bakal turun di kedua nomor, tunggal dan ganda. “Saya akan persiapkan kembali pekan depan. Setelah dua minggu ini, saya main di Taiwan,” tuturnya.