ASDP dan BNI Berkolaborasi Dukung Program Uji Kompetensi Wartawan di Bengkulu untuk Wujudkan Pers Berkualitas

Loading

JAKARTA (Independensi com) – — PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) bersama PT BNI (Persero) Tbk mendukung penuh program Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat yang diselenggarakan di Bengkulu, pada Kamis (25/1) dan Jumat (26/1) pekan lalu.

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan kegiatan ini merupakan hasil kerja sama Kementerian BUMN, Forum Humas BUMN, dan PWI Pusat. Dalam kegiatan ini, ASDP mendukung sertifikasi wartawan anggota PWI dalam rangka mewujudkan Pers Berkualitas dengan membentuk wartawan yang profesional dan berakhlak.

“Wartawan berperan penting dalam menjadi jembatan dalam menyebarkan informasi untuk masyarakat luas. Bagi ASDP, teman-teman jurnalis tidak sekadar sebagai mitra kerja dalam diseminasi informasi, tetapi stakeholder yang berperan penting sebagai kontrol sosial yang juga menjadi pendorong ASDP untuk selalu menghadirkan layanan transportasi prima kepada publik,” ujarnya.

Adanya program sertifikasi ini tentunya akan semakin memperkuat peran jurnalis yang strategis sebagai agen sosialiasi dan kontrol sosial. Dengan adanya UKW ini tentu akan semakin banyak insan Pers berkualitas dengan kompetensi yang semakin baik, lahir di Indonesia. “Melalui UKW PWI ini diharapkan ASDP dapat menjadi bagian dari peningkatan kualitas dan profesionalitas wartawan, menjaga harkat dan martabat kewartawanan sebagai profesi penghasil karya intelektual, dan menempatkan wartawan pada kedudukan strategis dalam industri pers,” tutur Shelvy.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diikuti 33 peserta, yang terdiri dari lima orang mengikuti kelas utama, 23 orang mengikuti kelas muda, dan lima orang mengikuti kelas madya. Pengujian dilakukan oleh penguji yang telah lulus uji oleh Lembaga Uji Kompetensi Wartawan PWI atas persetujuan Dewan Pers.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah yang diwakili Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Murlin Hanizar turut menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia menyampaikan harapan untuk terwujudnya wartawan profesional di wilayah Provinsi Bengkulu. “Kami mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan PWI Bengkulu. Semoga ke depannya, UKW dapat terus dilakukan oleh PWI Provinsi Bengkulu demi terciptanya wartawan yang profesional di provinsi Bengkulu,” tuturnya.

Dalam rangkaian kegiatan UKW PWI juga dilaksanakan kompetisi jurnalistik yang dilaksanakan serentak di tiga daerah, yaitu Manado, Kupang, dan Banda Aceh yang kemudian dilanjutkan ke seluruh PWI se-Indonesia termasuk satu daerah khusus PWI Surakarta. Mengangkat tema ‘Peran BUMN terhadap Kemajuan Pers melalui UKW’, peserta dapat mengirim karya jurnalistik yang berupa feature dengan minimal 1.500 karakter. Pengumuman pemenang diperkirakan akan dilaksanakan pada Juli 2024. (hpr)