Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan menyerakan bantuan sosial dalam program pembangunan rumah tidak layak huni. (humas)

Sebanyak 6.800 Unit Rutilahu Tiga  Tahun Terakhir Dibangun di Kabupaten Bekasi

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Membantu masyarakat kurang mampu akan ketersediaan papan (rumah) terus ditingkatkan melalui bantuan pemerintah. Diharapkan, masyarakat yang selama ini tinggal di rumah bilik atau tidak layak tidak layak huni (Rutilahu), dapat menikmati tempat tinggal yang memadai.

Terkait hal itu, .Pemerintah Kabupaten Bekasi, selama tiga tahun kepemimpinan Dani Ramdan sebagai Pj Bupati Bekasi, telah membangun sebanyak  6.800 unit  Rutilahu, dibangun. Ditargetkan, tahun 2024, sebanyak  1.670 unit  lagi akan dibangun tersebar di beberapa desa dan kecamatan

Dani menyebut, program Rutilahu merupakan program utama untuk menurunkan persoalan kemiskinan ekstrem di Kabupaten Bekasi.

Program Rutilahu Rp 20 juta per unit hanya stimulan membangun bagian atap, lantai dan dinding (aladin) rumah. Memang belum untas,  tapi masih ada swadaya  masyarakat.

Rumah yang dibangun  standar minimum untuk standar kesehatan sudah cukup dengan adanya sirkulasi udara dan jamban (WC), katanya

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bekasi, Nur Chaidir, menyebut program Rutilahu digencarkan guna menekan angka “stunting”. Itu salah satu tujuannya, karena dari segi kesehatan, rumah berlantaj tanah kurang bagus dan dapat memengaruhi pertumbuhan anak.(jonder sihotang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *