Featured Video Play Icon

Pendaftaran Sekolah Calistung Gratis Dibuka 10 Juni

Loading

DEPOK (IndependensI.com) – Pendaftaran sekolah baca tulis hitung (calistung) gratis yang diselenggarakan Sisi Baik Project akan dibuka mulai 10 Juni 2024. Kegiatan ini merupakan salah satu program Sisi Baik Project yaitu Indonesia Bisa Membaca.

Sekolah gratis untuk anak dari keluarga pra-sejahtera di kawasan Kelurahan Ratu Jaya, Depok, Jawa Barat ini dirintis Tien Suryantini sejak tahun 1993. Didorong semangat membantu mengentaskan buta huruf di lingkungan sekitar tempat tinggalnya, Bu Tien memprakarsai kegiatan belajar mengajar ini dalam wadah LSM Edukasi Dasar.

Pandemi Covid-19 memaksa Bu Tien menghentikan kegiatan ini pada 2020. Setelah sekitar empat tahun berlalu, sekolah calistung gratis ini akan dibuka lagi.

“Warga di sekitar sini sudah banyak yang menanyakan kapan sekolah dibuka kembali. Alumni Edukasi Dasar juga berharap kegiatan belajar mengajar gratis ini diselenggarakan lagi karena memang dibutuhkan,” kata Bu Tien, Rabu (5 Juni 2024).

Keterbatasan tempat dan fasilitas membuat kelas Indonesia Bisa Membaca tahun ini hanya menerima paling banyak 20 orang anak dan lima orang anak berkebutuhan khusus. Karena atap ruang kelas mengalami kebocoran, untuk sementara kegiatan Indonesia Bisa Membaca diselenggarakan di pekarangan kediaman keluarga Nestor Rico Tambunan dan Tien Suryantini.

Tien Suryantini di antara para siswa LSM Edukasi Dasar pada Juli 2017.
Tien Suryantini di antara para siswa LSM Edukasi Dasar pada Juli 2017.

Minimal Berusia 5 Tahun

Persyaratan pertama yang harus dipenuhi calon peserta adalah berusia setidaknya 5 (lima) tahun saat kegiatan belajar mengajar dimulai pada Agustus 2024. “Tidak ada batasan usia maksimal. Dari pengalaman saya, ada saja anak yang usianya sudah belasan tahun tapi tidak bisa membaca,” kata Bu Tien.

“Kami juga menerima anak berkebutuhan khusus yang mungkin sulit didaftarkan ke sekolah umum,” ujar anggota Dewan Pembina Yayasan Sisi Baik Manusia itu. Hal ini sejalan dengan tagline Sisi Baik Project yaitu #PeluangYangSama.

Bu Tien mengingatkan orang tua calon siswa membawa Akte Kelahiran atau Surat Lahir anak, Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) atau kartu KIS. Setelah proses pendaftaran, tahap selanjutnya adalah Daftar Ulang pada 22 Juli 2024. Kegiatan belajar mengajar rencananya dimulai pada 29 Juli 2024.

“Saat daftar ulang nanti, para siswa akan diberikan alat tulis antara lain pensil, penghapus, buku tulis, dan buku gambar secara cuma-cuma. Kami juga tidak menarik biaya untuk seluruh proses, mulai dari pendaftaran hingga kegiatan belajar nanti. Semuanya gratis, sama seperti di Edukasi Dasar dulu,” kata ibu tiga orang anak itu.

Pendaftaran dibuka selama tiga hari yaitu pada 10-12 Juni 2024 mulai pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB di Jalan Raya Cagar Alam Raya No. 3, Kelurahan Ratu Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat.

Sementara itu, Sisi Baik Project juga menjalankan program Patungan SPP. Program ini bertujuan membantu orang tua yang kesulitan membayar Sumbangan Pembinaan Pendidikan alias uang sekolah.

Warga Baik bisa berpartisipasi dalam program ini dengan membeli t-shirt “Pernah Nunggak SPP”. Peminat dapat menghubungi nomor hotline Sisi Baik Project yaitu 0851-7976-6083 atau membelinya secara online di online store Sisi Baik Project di Tokopedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *