Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat Proving Ground di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB), Jalan Raya Setu Kabupaten Bekasi. (ist)

Kemenhub, Bangun Pusat Pengujian Sertifikasi Kendaraan Bermotor Berstandar Internasional di Bekasi

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Pengujian kendaraan bermotor di luar ruangan berstandar internasional, dengan mengadopsi United Nations Agreement Concerning The Adoption of Uniform Conditions of Approval and Reciprocal Recognition of Approval For Motor Vehicle Equipment and Parts (UN Agreement), dibangun di Bekasi, Jawa Barat.

Pembangunan dilaksanaka Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjadj  Pusat Pengujian Sertifikasi Kendaraan Bermotor atau Proving Ground di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB), Jalan Raya Setu, Desa Gandamekar, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, kemarin.

Progres pembangunan saat ini, telah mencapai 50 persen dan diharapkan pada September 2024 sudah dilakukan “soft launching” oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Sekarang sudah 50 persen. Kita harapkan, (September) dapat melakukan soft launching,” ujar Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, melalui website resmi, kemarin.

Nantinya Proving Ground digunakan untuk melakukan pengujian kendaraan bermotor di luar ruangan. Dengan adanya Proving Ground BPLJSKB,  pelaksanaan uji tipe kendaraan bermotor yang biasanya dilaksanakan di luar negeri, kini bisa dilaksanakan di Indonesia.

Akan ada 16 fasilitas pengujian kendaraan bermotor sesuai dengan standar internasional United Nation Regulation (UNR). Selain itu, Proving Ground juga dapat digunakan sebagai tempat penelitian dan pengembangan industri otomotif di Indonesia. (jonder sihotang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *