Sekolah swasta di Kota Bekasi.(illustrasi)

PPDB Sekolah Swasta di Kota Bekasi   Masih Rendah

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Bekasi, Jawa Barat, telah dibuka. Hingga saat ini, keterisian untuk  sekolah swasta tahun ajaran 2024, masih rendah.

Data di Dinas Pendidikan setempat, hingga saat ini, jumlah  sekolah swasta di Kota Bekasi terdiri dari 321 SD, 294 SMP, 79 SMA, dan 76 SMK.

Terkait hal itu, Ketua Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Bekasi, Pudio Bayu, mengakui,  tingkat keterisian di jenjang SMA/SMK rata-rata sekitar 20 persen sampai 30 persen. Sementara untuk jenjang SD swasta, tingkat keterisiannya sekitar 50 persen.

Untuk  jenjang SMP, rata-rata sekolah baru menerima sekitar 10 persen dari total kuota siswa baru. Mereka berharap limpahan PPDB dari sekolah negeri.

Pihaknya berharap pemerintah dapat berkomitmen untuk menjalankan aturan PPDB sesuai dengan juknis yang berlaku. Supaya di awal tahun ajaran baru, PPDB SMP swasta dapat terlihat peningkatannya.

Minat masyarakat untuk sekolah negeri, masih tinggi. Penyebabnya antara lain, biaya sekolah lebih murah. Bahkan untuk tingkat SD dan SMP Negeri, tidak ada biaya atau uang pangkal dan bayaran bulanan. Sementara untuk sekolah swasta, uang pangkal hingga puluhan juta, dan uang bulanan satu jutaan. (jonder sohotang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *