Wujudkan Kemandirian Anggaran, Paramitha Akan Terapkan ‘Money Follow Program’

Loading

Brebes- Calon Bupati Brebes, Paramitha Widya Kusuma menegaskan, kemandirian anggaran suatu daerah menjadi kunci penting untuk mewujudkan pembangunan yang berkesinambungan.

Selain itu, kemandirian anggaran juga memberdayakan potensi lokal.

“Untuk itu, saya akan mengupayakan peningkatan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran, diantaranya melalui penerapan Money Follow Program sehingga hasilnya terukur dan tepat sasaran,” ujar Paramitha, di akun medsosnya baru-baru ini.

Anggota DPR-RI itu melanjutkan, optimalnya pembangunan di suatu daerah, ditentukan juga oleh besarnya Pendapatan Asli Daerah.

Karena itu, peningkatan alokasi anggaran belanja modal juga diperlukan, sehingga bisa lebih meningkatkan kontribusinya pada perekonomian daerah.

“Konsekuensinya antara lain, pengurangan pengeluaran operasi atau rutin, penggunaan produk lokal mulai dari panganan kecil untuk rapat sampai mampu meluaskan pasarnya,” ujarnya.

Paramitha juga menegaskan pentingnya peningkatan intensifikasi, ekstensifikasi dan diversifikasi ekonomi guna peningkatan penerimaan PAD.

Disamping itu, sambungnya, juga harus dilakukan penggalian sumber-sumber pendapatan baru, meningkatkan kualitas dalam pengumpulan dan pelaksanaan monitoring serta evaluasi berkesinambungan.

“Dan hilirisasi produk pertanian untuk pemenuhan kebutuhan pangan di Kabupaten Brebes, juga sangat penting,” ujarnya.

Paramitha melanjutkan, pengalokasian anggaran yang tepat guna dan tepat sasaran juga harus dilakukan.

Semuanya, ujar Paramitha, harus bermuara pada penyelesaian permasalahan pembangunan di Kabupaten Brebes.

“Terobosan-terobosan itu penting, karena kinerja keuangan daerah Kabupaten Brebes selama ini menunjukkan bahwa tingkat ketergantungan terhadap anggaran pemerintah pusat dan daerah sangat tinggi,” ungkap Paramitha.

“Hal itu berdampak pada rendahnya rasio kemandirian keuangan kabupaten Brebes,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *