Seluruh peserta 7th Sarawak International 4x4 Jamboree 2024 berfoto bersama. (Ist/Foto: Agustinus Tri Mulyadi)

Ajang Offroad International Berlangsung Sukses

Loading

BETONG (Independensi.com) – Acara otomotif 4×4 berskala international bertajuk “7th Sarawak International 4×4 Jamboree 2024” yang diprakarsai Sakta 4×4, sukses digelar. Perhelatan ini berlangsung pada 14 September – 20 September 2024 dengan start di Betong, Kuching, Malaysia diikuti 220 mobil bergardan ganda dan 570 peserta dari beberapa negara seperti Indonesia, Brunei Darussalam, China, Swiss, Thailand and Malaysia.

Perhelatan ini diawali acara karnaval, registrasi peserta, pertemuan tehnik dan Scrutinnering kendaraan di Kuching, Malaysia, Sabtu (14/9/2024). Dalam event kali ini penyelenggara membagi tiga grup besar, yaitu grup A untuk peminat perjalanan offroad ekstrim dengan rute daerah Betong sampai Lubok Antu  melintasi Gunung  Sadok dan menyeberangi Sungai Kayak di Pahang, Malaysia.

Adapun rute yang dilalui melintasi trek berupa tanjakan tinggi, turunan terjal yang licin dan jalan dengan kemiringan 45 derajat, memaksa peserta harus menggunakan winch untuk keluar dari rintangan tersebut. Peserta diwajibkan menggunakan mobil dengan memiliki spesifikasi untuk offroad seperti winch, roll cage, ban kasar, high clearance dan suplai makanan minuman yang cukup.

Kemudian grup B diperuntukkan bagi peminat perjalanan Adventure dengan rute yang sama dengan grup A tetapi berbeda trek yang dilalui. Jalan yang dilalui menggunakan kendaraan berpenggerak empat roda terapi tidak diwajibkan menggunakan winch. Sedangkan grup C diperuntukkan bagi peminat perjalanan layaknya liburan. Peserta tidak diwajibkan untuk membawa kendaraan 4×4.

Seluruh kegiatan berjalan lancar tanpa kendala berarti dan seluruh peserta bisa keluar dari rintangan serta lebatnya hutan di Borneo dengan selamat. Finis acara ini di Betong, Kuching, Malaysia, Jumat (20/9/2024).

“Kami ucapkan selamat kepada semua participants yg telah turut mendukung acara ini hingga selesai. Kami boleh bersyukur semua peserta selamat dan bisa keluar hutan Borneo dengan baik. Kami tunggu kembali untuk menyokong berpartisipasi pada kegiatan yang sama tahun depan di Kota Sibu,” ujar ungkap President Sakta 4×4, Tuan Jirram Gima melalui keterangan tertulis, Minggu (22/9/2024).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *