Menkominfo Lantik 106 Pejabat Eselon II, III dan IV di Lingkungan Kemkominfo

JAKARTA (Independensi.com) – Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan sektor komunikasi dan Informatika bergerak cepat bahkan menimbulkan disruption. Kemkominfo dituntut dinamis dan antisipatif terhadap perkembangan ke depan agar secara kelembagaan berperan sebagai driver, dan katalisator, serta pendorong perubahan.

Artinya Kemkominfo diharapkan menjadi ujung tombak perubahan dan bukan sebagai penghambat perubahan ke arah masyarakat yang lebih produktif. “Apa yang harus kita lakukan agar Kementerian Kominfo mendapat penghargaan masyarakat? Ubah proses. Jangan melihat aturan sebagai satu-satunya yang harus kita ikuti,” katanya dalam acara pelantikan pejabat eselon II, III dan IV sekaligus Temu Kerja ASN Kementerian Kominfo di Hotel Red Top Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Menurut Rudiantara, aturan adalah rujukan, tapi tidak ada aturan yang tidak bisa diubah. Di level Peraturan Menteri pun jika harus diubah, agar melayani lebih baik, ubahlah. Kemudian, orientasinya adalah pelayanan.

“Jangan melayani seperti gergaji, “come to you come to me”, sudah datang ke satker yang tepat dioper ke satker lain. Kalau bisa dipercepat. Tapi tentu dalam aturan,” tegas Rudiantara.

Upaya peningkatan kelembagaan Kemkominfo harus dilakukan secara terus menerus (continuous improvement) sejalan dengan dinamisnya kebutuhan dan tuntutan masyarakat. Bertolak dari hal tersebut, pola pembinaan pegawai juga harus dinamis, baik pembinaan karakter, knowledge maupun skill untuk mengantisipasi kebutuhan masyarakat ke depan yang selalu membutuhkan pembaharuan.

“Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017, untuk menunjuk jabatan-jabatan tertentu, struktural, yang diutamakan adalah unjuk kinerja, deliverables, hasil. Tentu senioritas dan masalah golongan jadi pertimbangan, tapi nomor satu adalah kinerja. Kalau golongannya tinggi justru seharusnya dapat menunjukkan kinerjanya,” jelas Menkominfo.

Selain itu visi entreprenokrat perlu dimiliki oleh ASN untuk mengerti apa yang dibutuhkan dunia industri untuk tumbuh dan berkembang tanpa merugikan kepentingan publik. Dengan visi tersebut, fungsi fasilitator dan katalisator yang dimiliki Kominfo dapat diperankan secara baik yang pada akhirnya mendorong pertumbuhan industri sebagai sektor riil yang produktif bagi perekonomian nasional.

“Kita ini policy maker di bidang digital dan teknologi yang berkaitan dengan internet, telekomunikasi, dsb. Pola pikirnya sebagai enabler tatanan sosial. Kita posisikan kebijakan tersebut untuk menjadi penggerak di sektor ekonomi.

Sektor komunikasi dan informatika, media, di 10 tahun terakhir ini pertumbuhannya paling tinggi dalam kontribusinya ke GDP, tumbuh di atas 10%,” ungkapnya.

Pada kegiatan tersebut Menkominfo Rudiantara melantik 106 Pejabat Eselon II, III dan IV di Lingkungan Kemkominfo. Para pejabat II yang dilantik tersebut diantaranya Ir. Arifin Saleh Lubis, M.T sebagai Kepala Biro Perencanaan Kesekjenan sebelumnya menjabat Kabag Perencanaan Program dan Pelaporan Setditjen PPI, IR. Tony Tovik Hidayat, MT sebagai Sekretaris Itjen sebelumnya Kabag Penyusunan Anggaran Biro Perencanaan Kesekjenan, Wayan Toni Supriyanto, ST, M.M sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika sebelumnya Kasubdit Infrastruktur Penyiaran Pita Lebar, Bambang Gunawan, M.Si sebagai Direktur Layanan Informasi Internasional Ditjen IKP, sebelumnya Kasubdit Fasilitasi Diplomatik Kemlu.

Sementara itu, pejabat eselon III dan IV diantaranya sebagai berikut Aryo Pamoragung, ST, MT sebagai Kepala Subdirektorat Penataan Alokasi Spektrum Dinas Tetap dan Bergerak Darat, Dit. Penataan Sumber Daya, sebelumnya Kepala Seksi Penataan Alokasi Dinas Penyiaran, Dit. Penataan Sumber Daya, Ir. Nur Akbar Said, M.Eng Kepala Seksi Harmonisasi Standar Perangkat, Dit. Standardisasi PPI jabatan baru Kepala Subdirektorat Kualitas Layanan dan Harmonisasi Standar Perangkat, Dit. Standardisasi PPI, Isnaldi, S.Kom, M.T.I Kepala Subbagian Perencanaan Pegawai, Bagian Renbang Pegawai, Biro Kepegawaian dan Organisasi jabatan baru sebagai Kepala Bagian Renbang Pegawai, Biro Kepegawaian dan Organisasi dan Abdullah, S.Sos Kasubbag Pelaksana Anggaran, Bagian Keuangan, Sekretariat Ditjen IKP, jabatan baru Kepala Museum Penerangan, Ditjen IKP.

Sedangkan jabatan eselon IV diantaranya Benny Elian, ST, MT Analis Pengangan Seleksi dan Evaluasi Level 3, Dit. Penataan Sumber Daya, Jabatan baru Kepala Seksi Penataan Alokasi Dinas Penyiaran, Dit. Penataan Sumber Daya, Merry Octavia, SH, MH Analis Standar Teknologi Informasi Level 4 Jabatan Baru Kepala Seksi Harmonisasi Standar Perangkat, Dit. Standardisasi PPI, Harfizan Arnas, S.Si, M.Si Kasi Program Pengolahan Informasi, Subdit Pengolahan Informasi, Dit. Pengolahan dan Penyediaan Informasi, Ditjen IKP Jabatan baru Kasi Pengolahan Isu Publik, Subdit Pengolahan Isu Publik, Dit. Pengolahan dan Penyediaan Informasi, Ditjen IKP, Dewi Susilorini Kusumoningrum, S.IP Kasi Pengolahan Isu Publik, Subdit Pengolahan Isu Publik, Dit. Pengolahan dan Penyediaan Informasi, Ditjen IKP Jabatan Baru Kasi Program Pengolahan Informasi, Subdit Pengolahan Informasi, Dit. Pengolahan dan Penyediaan Informasi, Ditjen IKP, Septa Dewi Anggraeni, M.H Kasubbag Tata Usaha, Dit. Kemitraan Komunikasi, Ditjen IKP jabatan baru Kasi Monitoring dan Evaluasi Kemitraan Lembaga Komunikasi Sosial, Subdit Kemitraan Lembaga Komunikasi Sosial, Dit. Kemitraan Komunikasi, Ditjen IKP.