Begini Efek Samping Setelah Disuntik Vaksin Covid 19

Loading

JAKARTA (Independensl.com) – Seluruh dunia kini tengah berlomba menemukan vaksin Covid 19. Bahkan, Rusia secara resmi telah mengumumkan keberhasilannya membuat vaksin Covid 19. Namun, gimana sih rasanya jika seseorang baru saja di suntikan vaksin Covid 19.

Ketua Tim Riset Uji Klinis Vaksin Covid-19 Universitas Padjadjaran, Dr Kusnandi Rusmil mengatakan, demam dan bengkak adalah dua efek samping yang kerap dirasakan setelah dilakukan imunisasi. “Sebanyak 30% yang disuntik, akan bengkak, demam seperti imunisasi di Posyandu, akan hilang 2 hari,” ujarnya seperti dilansir dari CNBC Indonesia, Rabu (12/8/2020).

Sama halnya dengan anak-anak yang dilakukan imunisasi, bengkak dan demam ini hal yang lumrah. Obat demam untuk menurunkan demam hingga kompres bagian yang bengkak bisa dilakukan.

“Masalahnya itu, reaksi lokal itu. Biasa, tinggal dikasi obat panas saja,” ujarnya.

Salah satu relawan yang akan mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 adalah Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Dia menyampaikan penjelasan mengenai vaksin Covid-19 yang bakal diproduksi Bio Farma di Bandung. Salah satu penjelasannya adalah mengenai efek samping.

“Efek samping dari vaksin biasanya yang saya tahu dan menurut konfirmasi adalah kadang-kadang demam sesaat atau bengkak karena suntikan. Biasanya hanya dua itu. Dan orang tetap boleh berkegiatan setelah disuntikkan itu,” katanya.

Dia menegaskan, pemberian vaksin merupakan bentuk pencegahan untuk meningkatkan imunitas manusia melalui imunisasi. Vaksin ini dihasilkan dari virus yang menyebar di masyarakat.

“Vaksin yang akan dihadirkan oleh Bio Farma adalah dari virus yang sudah dimatikan, nanti dua kali penyuntikan,” pungkasnya.