10 Negara Ini Masih Terbebas Pandemi Covid 19

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Hampir semua Negara di dunia tengah bergelut melawan Pandemi Covid 19 sejak pertama kali muncul awal tahun 2020 di Kota Wuhan China. Meski demkian masih ada segelintir Negara yang hingga kini tidak terkena wabah Corona.

Negara-negara yang masih bebas dari virus Corona COVID-19 di antaranya:
1. Palau
2. Mikronesia
3. Nauru
4. Kepulauan Marshall
5. Kiribati
6. Kepulauan Solomon
7. Tuvalu
8. Samoa
9. Vanuatu
10. Tonga.

Apa yang dilakukan negara-negara tersebut agar terbebas dari penularan virus Corona?
Dikutip dari laman News.com.au, Selasa (25/8/2020) negara-negara tersebut secara agresif menutup pembatasan (lockdown) dan dalam prosesnya membatasi turis yang datang dari luar negeri.

Seperti di perbatasan Palau, Samudera Pasifik, sudah ditutup sejak akhir Maret. Negara ini adalah satu dari 10 negara di dunia tanpa kasus yang dikonfirmasi (di luar Korea Utara dan Turkmenistan).

Akibatnya adanya pandemi Corona, hotel di Palau pun ditutup sejak Maret, dan bukan hanya hotel itu saja. Restoran-restoran pun terlihat kosong, toko-toko souvenir tutup, dan satu-satunya tamu hotel adalah warga setempat yang melakukan karantina.

Namun, keputusan pemerintah dikatakan telah mengambil langkah yang tepat dengan mengorbankan ekonomi untuk sementara waktu demi mencegah penularan virus Corona.

“Saya pikir mereka telah melakukan pekerjaan mereka dengan baik,” ujar Brian Lee, salah satu pemilik hotel di Palau.

Namun, jika perbatasan Palau tidak segera dibuka, bahkan dengan dukungan dana oleh negara, Brian mungkin harus menutup bisnisnya.

“Saya bisa tinggal selama setengah tahun lagi. Maka saya mungkin harus menutup,” jelas Brian, yang biasanya menikmati hunian 70 persen hingga 80 persen.