Pastor John Gbakaan

Pastor Gereja Katolik Diculik dan Dibunuh di Nigeria

Loading

VATICAN CITY (Independensi.com) – Pastor John Gbakaan, pastor paroki Gereja Saint Anthony di Gulu, di Keuskupan Minna, Nigera, diculik pada 15 Januari 2021,di sepanjang jalan Lambata ke Lapai di negara bagian Niger. Demikian layanan kawat Katolik, Agenzia Fides sebagaimana dikutip Kantor Berita Nasional Vatikan, Vaticannews.va, Selasa, 19 Januari 2021.

Pastor paroki St. Theresa di Madala, Pastor John Jatau, membenarkan bahwa Pastor Gbakaan, bersama dengan saudara laki-lakinya dan pastor lainnya, telah pergi ke Makurdi di negara bagian Benue pada tanggal 14 Januari 2021, untuk mengunjungi ibunya.

Pada 15 Januari 2021, pastor dan saudara laki-lakinya disergap oleh orang-orang bersenjata. Serangan itu terjadi sekitar pukul 9 malam dekat desa Tufa.

Kedua bersaudara itu diculik oleh orang-orang bersenjata yang kemudian meminta tebusan dari Keuskupan Minna. Awalnya, para penculik menuntut sejumlah tiga puluh juta naira, yang kemudian mereka kurangi menjadi lima juta naira.

Mayat John Gbakaan ditemukan di dekat lokasi penculikan. Pastor Gbakaan dieksekusi dengan parang dengan cara yang begitu brutal dan mengerikan sehingga hampir tidak mungkin diidentifikasi.

Kendaraan yang ditumpangi pendeta itu ditemukan di semak terdekat. Masih belum ada kabar tentang saudara laki-laki pendeta tersebut, yang konon masih berada di tangan para penculik.

Asosiasi Kristen Nigeria, The Christian Association of Nigeria (CAN), telah meminta Pemerintah Federal untuk mengungkap kasus penculikan dan pembunuhan orang-orang beragama oleh bandit di negara itu.

Wakil Ketua CAN (wilayah Utara), Pastor John Hayab, menelepon saat dia berbicara dengan harian yang berbasis di Lagos, Vanguard.

Pastor Hayab menggambarkan pembunuhan imam Katolik itu sebagai “mengejutkan dan menyakitkan,” menyatakan bahwa ketidakamanan di Nigeria Utara telah mengasumsikan dimensi yang jauh lebih mengkhawatirkan.

“Saat ini di Nigeria Utara, banyak orang hidup dalam ketakutan, dan banyak anak muda takut menjadi pendeta karena kehidupan pendeta dalam bahaya besar,” kata Pastor Hayab.

Pastor Hayab melanjutkan, “Ketika bandit atau penculik menyadari bahwa korban mereka adalah seorang Pastor, tampaknya roh kekerasan mengambil alih hati mereka untuk menuntut lebih banyak tebusan dan, dalam beberapa kasus, pergi ke tingkat pembunuhan korban.”

“Kami hanya memohon kepada Pemerintah Federal dan semua badan keamanan untuk melakukan apapun yang diperlukan untuk menghentikan kejahatan ini,” kata perwakilan CAN.(aju)