Para pemain Kroasia merayakan kemenangan 2-1 atas Islandia pada penyisihan Grup D Piala Dunia 2018 di Rostov-on-Don, Rusia, Rabu (27/6/2018) dini hari WIB. (Foto: FIFA)

Kroasia Hentikan Islandia

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Kroasia mengalahkan Islandia 2-1 pada hari terakhir penyisihan Grup D Piala Dunia 2018 di Rostov-on-Don, Rusia, Rabu (27/6/2018) dini hari WIB. Hasil ini menyempurnakan penampilan Kroasia di tahap awal turnamen, sekaligus menghentikan langkah Islandia.

Kroasia, yang sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar, tetap memburu kemenangan. Di sisi lain, Islandia tidak rela melepas begitu saja peluang melaju di pesta sepakbola dunia ini. Islandia, yang pada pertandingan pertama menahan Argentina 1-1, berhasil meredam serangan Kroasia di babak pertama.

Gol Kroasia baru tercipta di menit 53 lewat tendangan kaki kanan Milan Badelj. Islandia gagal menyamakan skor setelah sundulan Sverrir Ingason membentur mistar.

Islandia berhasil menyamakan skor lewat eksekusi penalti Gylfi Sigurdsson di menit 76. Pendukung Islandia bersorak karena timnya hanya butuh satu gol lagi untuk lolos. Namun mimpi mereka buyar setelah Ivan Perisic menaklukkan kiper Hannes Halldorsson di menit 90.

Kroasia menjadi juara Grup D dengan nilai maksimal sembilan poin. Argentina di urutan dua klasemen akhir dengan empat poin. Nigeria di peringkat tiga dengan tiga poin. Islandia menjadi juru kunci dengan satu poin.

“Kami tiga kali menang dan mengumpulkan sembilan poin, dengan selisih gol 7-1. Satu-satunya gol kami kemasukan dari titik penalti, jadi kami jelas gembira,” kata pelatih Kroasia, Zlatko Dalic, seperti dikutip fifa.com.

“Tujuan kami memang menjadi juara grup. Kami sudah mencapai tujuan itu. Saya yakin pertandingan di babak 16 besar tidak akan menjadi penampilan terakhir kami di sini. Kami tidak sabar menantikan pertandingan itu untuk memperlihatkan kekuatan kami yang sebenarnya,” ujarnya.

Di babak 16 besar, Kroasia akan menghadapi runner-up Grup C, Denmark. Pertandingan akan digelar di Nizhny Novgorod pada 2 Juli 2018 dini hari WIB.