Pemain belakang Argentina, Marcos Rojo, merayakan golnya ke gawang Nigeria pada penyisihan Grup D Piala Dunia 2018 di St Petersburg, Rusia, Rabu (27/6/2018) dini hari WIB. (Foto: FIFA)

Rojo Loloskan Argentina

JAKARTA (IndependensI.com) – Marcos Rojo mencetak gol di penghujung pertandingan untuk mengantar Argentina lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018. Bek Manchester United itu melepas tendangan voli di menit 86 untuk menjebol gawang Nigeria pada penyisihan Grup D di St Petersburg, Rabu (27/6/2018) dini hari WIB.

Butuh kemenangan untuk bertahan di pesta sepakbola dunia, Argentina unggul lebih dulu melalui gol Lionel Messi di menit 14. Namun Nigeria berhasil menyamakan kedudukan melalui gol Victor Moses di menit 51.

Pada pertengahan babak kedua, Francis Uzoho nyaris membuat Argentina unggul lagi. Namun bola hasil tendangan bebasnya membentur tiang gawang. Saat “Albiceleste” sepertinya bakal tersingkir, Rojo tampil sebagai penyelamat dengan golnya. Pertandingan berakhir dengan kemenangan 2-1 untuk Argentina.

Messi dan kawan-kawan lolos ke tahap berikutnya sebagai runner-up Grup D dengan empat poin. Kroasia, yang sudah dipastikan sebagai juara grup, melengkapi suksesnya di tahap awal dengan mengalahkan tim debutan Islandia 2-1 di Rostov.

“Kemenangan ini didapat karena para pemain yakin bahwa mereka pemain hebat. Hari ini kami bisa menang menghadapi lawan yang berat,” kata pelatih Argentina, Jorge Sampaoli, seperti dikutip laman fifa.com.

“Kami punya kekuatan yang cukup untuk terus berjuang hingga menit akhir. Para pemain amat berani dan keberanian itu yang memungkinkan kami mencetak gol kedua,” ujarnya.

Messi lega karena akhirnya bisa mencatatkan namanya di papan skor. “Kami mengalami banyak kesulitan. Banyak yang dipertaruhkan. Saya lega, amat lega untuk kami semua. Sebelumnya kami tidak pernah berpikir akan mengalami kesulitan seperti ini,” kata Messi.

Argentina akan bertemu juara Grup C, Prancis, di Kazan pada 30 Juni 2018. “Kami sudah menyaksikan semua pertandingan Prancis. Kami mengamati setiap pertandingan. Prancis punya tim yang hebat dengan pemain yang amat berbakat,” kata Messi.

“Mereka punya pemain yang cepat yang bisa membuat perbedaan. Saya sudah tahu apa yang harus kami lakukan. Yang jelas, pertandingan nanti tidak akan mudah,” ujar bintang Barcelona itu.