Kemenkes Klaim Vaksin Sinovac Efektif di Indonesia

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengklaim vaksin Covid 19 Sinovac cukup efektif dalam membentuk kekebalan tubuh untuk melawan virus Corona. Pernyataan ini merespons pengakuan China bahwa efektivitas vaksin Sinovac rendah.

“Kita tahu dari hasil evaluasi BPOM maupun juga ITAGI dan para ahli, vaksin Sinovac yang saat ini kita gunakan masih cukup efektif untuk menekan laju penularan dan tentunya memberikan perlindungan kepada kita,” kata Juru bicara vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, dalam konferensi pers, Senin (12/4/2021).

Nadia menyebut, hasil analisis interim uji klinis di Bandung menunjukkan efikasi Sinovac sebesar 65,3 persen. Sementara hasil uji klinis fase tiga di Brasil, efektivitas vaksin Sinovac hanya 50,4 persen.

Adapun standar Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), efikasi vaksin Covid-19 hanya 50 persen. “Efikasi memang 65 persen dan ini juga sudah diberikan BPOM saat pengeluaran izin penggunaan daruratnya,” jelasnya.

Tak hanya soal efikasi, Nadia menekankan imunogenisitas vaksin Sinovac berdasarkan hasil uji klinis tahap tiga sebesar 95 sampai 99 persen.

“Artinya, angka ini sudah sangat baik untuk respons tubuh kita untuk membentuk antibodi terhadap stimulus yang diberikan vaksin Sinovac tadi,” ujarnya.

China berencana mencampurkan beberapa vaksin Covid-19 yang berbeda untuk meningkatkan efektivitas vaksin Covid-19. Langkah ini dipertimbangkan China usai mengakui kemanjuran vaksin Covid-19 Sinovac rendah.