Minikino Film Week (MFW9) – Bali International Short Film Festival digelar 15-23 September 2023

Loading

Bali (Independensi.com) – Minikino Film Week (MFW9) – Bali International Short Film Festival akan digelar pada tanggal 15-23 September 2023 mendatang di Bali. Rangkaian acara MFW9 tahun ini akan diselenggarakan dalam format hybrid secara luring dan daring. Seluruh pemutaran film dan diskusi diselenggarakan secara luring, sedangkan beberapa forum dalam Short Film Market akan diselenggarakan secara daring untuk memberi akses lebih luas terhadap penonton publik, serta partisipan filmmaker dan pembicara yang tidak bisa hadir secara langsung.

“MFW tahun ini, sudah cukup stabil dibanding tahun-tahun lalu saat Covid-19. Sehingga akan lebih banyak stakeholder industri film pendek, mulai dari lokal, nasional hingga mancanegara, turut terlibat tahun ini.” Ujar Edo Wulia selaku Direktur Festival MFW9.

MFW9 dapat terselenggara berkat dukungan dari berbagai pihak. Festival tahun ini didukung oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan melalui Program Pemanfaatan Hasil Kelola Dana Abadi Kebudayaan Tahun 2023. Organisasi serta entitas swasta lain yang turut berkontribusi mewujudkan festival tahun ini berasal dari dalam dan luar negeri, di antaranya PT Kino Media Nusantara (Minikino Studio), The Raoul Wallenberg Institute of Human Rights and Humanitarian Law Regional Asia Pacific, Lumix Indonesia, Grab, Rangkai dan beragam kolaborasi dengan berbagai media, festival film internasional, universitas, venue, perusahaan dan juga komunitas lokal di Bali.

Dari 1111 judul film pendek yang didaftarkan masuk melalui kanal online Short Film Depot dan Filmfreeway dan terbuka untuk filmmaker dari seluruh dunia, ada 187 film yang lolos seleksi, termasuk film-film dari Indonesia. Sementara itu kolaborasi nasional dan internasional Minikino juga menampilkan program film pendek tamu serta program film di Market Screening. Tahun ini MFW9 menampilkan total lebih dari 275 film pendek baik dari Indonesia maupun luar negeri dari total 69 negara akan ditayangkan selama 9 hari penuh di 13 lokasi yang tersebar di berbagai titik di Pulau Bali.

MINIKINO FILM WEEK (MFW) – Bali International Short Film Festival, didirikan pada tahun 2015 sebagai Festival Film Pendek Internasional yang unik di Bali, menjangkau kehidupan sehari-hari masyarakat setempat. Layar diatur untuk memberikan kesempatan kepada orang-orang untuk mengalami kembali menonton film secara kolektif, lebih jauh lagi untuk membangun ruang untuk mendiskusikan tentang pengalaman mereka, mempromosikan pemikiran kritis tentang apa yang baru saja mereka tonton. Layar yang lebih besar, melihat pemutaran bersama, merangsang dan mendorong kesadaran sosial. Melalui Bali International Short Film Festival, MFW berupaya membangun kembali budaya sinema di Bali.

MFW melibatkan berbagai tempat Micro Cinema, Community Screening, dan Pop-Up Cinema di sekitar Bali, menawarkan aksesibilitas bagi penduduk lokal, serta menawarkan eksposur yang menarik dan unik, bagi mereka yang ingin mengunjungi dan merasakan Bali lebih dekat. (HW)