Perlu Upaya Kolaboratif Bersama Untuk Dorong Target Kunjungan 14 Juta Wisman

Loading

Bali (Independensi.com) – Pernyataan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno dalam “The Weekly Brief with Sandi Uno” yang disiarkan secara daring pada (9/10) lalu yang intinya mengisyaratkan bahwa pemerintah akan lebih fokus kepada pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan yang semakin mendapatkan apresiasi dunia ditanggapi positif oleh Ketua World Tourism Network (WTN) Indonesia, Mudi Astuti.

Pihaknya memberikan pandangan bahwa sejatinya diperlukan upaya kolaboratif antar pemangku kepentingan untuk mendukung tercapainya upaya kemenparekraf RI dalam mewujudkan paradigma baru dalam kepariwisataan nasional tersebut.

“Kita harus bergandengan tangan bersama untuk mendukung program yang berfokuskan kepada pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan (sustainable), WTN siap untuk mendukung promosi wisatanya ke dunia Internasional,” tutur Mudi.

Sementara itu, Sekjen PATA Indonesia-Chapter, Ningsih Chandra mengemukakan bahwa diperlukan strategi yang holistik dalam upaya mengejar target 14 juta kunjungan wisman pada 2024 serta fokus ke segmentasi negara-negara yang memiliki potensi besar kunjungan tanpa mengesampingkan negara-negara lainnya. Demi tercapainya target tersebut perlu didukung dengan tambahan penerbangan langsung serta terjadinya pemulihan pariwisata di Indonesia secara menyeluruh.

Pihaknya juga menilai perlu adanya jalinan sinergitas antar stakeholder untuk memperkuat daya dukung pariwisata, investasi yang bertanggung jawab terutama dari sisi koordinasi, Komunikasi, Komitmen kolaborasi untuk mencapai pariwisata yang berkualitas dan Pariwisata Berkelanjutan yang ramah lingkungan. (hd)