Foto : Stand layanan konsultasi hukum Posbakum PN Gresik di Gress Mall

Posbakum PN Gresik Buka Stand Layanan Konsultasi Hukum di Mall 

Loading

GRESIK (Independensi.com) – Momen Festival Nasi Krawu Raksasa yang digelar Komunitas Wartawan Gresik (KWG) di atrium salah satu mall di Gresik, Jawa Timur, dimanfaatkan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) Pengadilan Negeri (PN) Gresik Kelas 1A dengan membuka stand layanan konsultasi hukum secara gratis.

Menurut Ketua Pengelola Posbakum PN Gresik, Fajar Yulianto dengan adanya stand Posbakum PN Gresik diharapkan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk berkonsultasi seputar masalah hukum.

“Kami buka layanan konsultasi hukum secara gratis di stand ini, selama tiga hari mulai 23-25 April 2024 dengan memanfaatkan momentum kegiatan Festival Nasi Krawu Raksasa KWG. Supaya masyarakat tidak canggung datang, untuk bertanya terkait persoalan hukum,” ujarnya, Selasa (23/4).

“Layanan hukum gratis ini, kami berikan khusus kepada masyarakat miskin atau tidak mampu dari segi finansial atau tidak mampu untuk menyewa seorang konsultan hukum profesional dalam arti tidak mampu menyewa pengacara atau advokat ketika berhadapan dengan persoalan hukum,” sambungnya.

Di tambahkan Fajar, keberadaan Posbakum PN bertujuan untuk menjamin masyarakat bisa terlayani, baik dalam konteks konsultasi hingga pendampingan saat berhadapan dengan persoalan hukum.

“Bagi yang ingin mendapatkan layanan hukum bebas biaya bagi masyarakat miskin ini, pemohon harus melengkapi semua syarat yang telah ditentukan. Seperti, surat gugatan/permohonan, surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari kelurahan/desa asal. Serta terdata sebagai penerima Jamkesmas, PKH atau BLT yang semua surat-surat itu ditanda tangani oleh pemohon dan Ketua PN Gresik,” tuturnya.

Layanan yang diberikan Posbakum lanjut Fajar, diantaranya tentang penulisan dokumen hukum, bantuan advokat dan bantuan memperoleh pembebasan biaya perkara.

“Terobosan Posbakum PN Gresik masuk di mall ini, merupakan bentuk inovasi pelayanan yang selama ini menjadi kekuatan sekaligus modal Posbakum PN Gresik bisa menjadi yang terbaik di tahun 2022 dan 2023,” ungkapnya.

“Dengan dibukanya stand layanan di Gress Mall ini, kami berharap bisa memperluas akses bagi masyarakat pencari keadilan dalam permasalahan hukum yang dihadapi,” tandasnya.

“Dalam kesempatan ini, kami juga berterima kasih kepada KWG yang turut memfasilitasi keberadaan Posbakum yang bisa andil dalam even ini. Sebab, temen-teman wartawan merupakan mitra kerja, terutama dalam hal menginformasikan kegiatan kami,” pungkas Fajar. (Mor)