Kementerian LHK, Kementan, dan IWAPI Lakukan Hal Ini untuk Pengelolaan Sampah dan Penghijauan di Jakarta, Selasa (2/7/2024).

Gerakkan Kesadaran Lingkungan: IWAPI dan Kementerian Lingkungan Hidup Serahkan Bantuan Motor Sampah

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) menggandeng Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Pertanian dan Perkebunan dalam sebuah inisiatif besar untuk mendukung kebersihan lingkungan dan penghijauan. Program ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pengelolaan sampah dan pelestarian lingkungan hidup.

Dalam rangkaian kegiatan ini, IWAPI tidak hanya fokus pada penanaman pohon, tetapi juga pada penyerahan motor pengangkut sampah. “Kami berharap inisiatif ini dapat memicu kepedulian masyarakat terhadap lingkungan dan kesehatan. Kebersihan adalah kunci untuk meningkatkan kualitas hidup kita, terutama bagi perempuan pengusaha yang membutuhkan lingkungan sehat untuk berusaha dengan baik,” kata Wakil Ketua Umum IWAPI Bidang Lingkungan Hidup. Hana Fadel.

Penyerahan motor sampah ini merupakan kerja sama antara DPP IWAPI dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Ibu Endah sebagai Ketua Umum DPD IWAPI DKI bersama dengan empat Ketua Umum DPC DKI (Jakarta Pusat, Selatan, Timur, dan Barat) turut hadir dalam acara ini. “Motor sampah ini akan diserahkan kepada kecamatan yang telah disepakati, dengan harapan dapat meningkatkan efektivitas pengelolaan sampah di lingkungan mereka,” tambah Hana.

Salah satu fokus utama dari inisiatif ini adalah menciptakan mekanisme pengelolaan sampah yang efektif dari sumbernya hingga ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA). IWAPI mengajak sukarelawan dari masyarakat, camat, kecamatan, dan kelurahan untuk berpartisipasi dalam membawa motor pengangkut sampah dan mendukung pengelolaan sampah di lingkungan mereka.

Selain itu, program ini juga menekankan pentingnya penghijauan dengan penanaman pohon-pohon yang dapat menghasilkan oksigen dan mengurangi emisi gas rumah kaca. “Kami tidak hanya memberikan motor pengangkut sampah, tetapi juga berkomitmen pada penghijauan dengan penanaman pohon-pohon yang berdampak positif pada lingkungan,” ujar Nita Yudi selaku Ketua Umum IWAPI keterangan yang diterima, Selasa (2/7/2024).

Pengelolaan sampah yang baik tidak hanya memberikan manfaat lingkungan, tetapi juga membuka peluang ekonomi. Sampah dapat diolah menjadi pupuk organik, membuka lapangan pekerjaan, dan dijadikan sumber energi seperti biogas. “Dengan memberi motor pengangkut sampah, kita juga membuka peluang pekerjaan baru bagi masyarakat. Sampah yang dikelola dengan baik bisa menjadi sumber energi yang berharga,” jelas Nita.

IWAPI berharap inisiatif ini dapat diimplementasikan tidak hanya di Jakarta, tetapi juga di seluruh provinsi, kabupaten, dan kota di Indonesia. “Kami ingin menunjukkan bahwa perempuan bisa berbuat banyak untuk lingkungan dan kesehatan, serta tetap menjadi pengusaha yang tangguh,” tutup Nita Yudi.

Tentang IWAPI
Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) adalah organisasi yang didedikasikan untuk mendukung dan memajukan perempuan pengusaha di Indonesia. IWAPI aktif dalam berbagai kegiatan sosial, ekonomi, dan lingkungan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat secara keseluruhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *