Jalan tol Cimanggis-Cibitung terintegrasi degan Jalan tol Jabodetabek. (ist)

Pemkab Bekasi Perbaiki Infrastruktur Pendukung Jalan Tol Cimanggis-Cibitung

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Jalan Tol Cimanggis-Cibitung atau Jalan Tol Cimaci adalah salah satu jalan bebas hambatan yang merupakan bagian dari Jalan Tol Lingkar Luar Jakarta 2 Atau JORR 2. Jalan ini menyambung dengan Jalan Tol Cinere-Jagorawi, dan Jalan Tol Jagorawi bagian Barat, dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Cibitung-Cilincing di bagian Utara

Pengoperasian jalan tol yang peresmiannya  oleh Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, bertempat di Jembatan Sungai Cileungsi KM 57+400 Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, Kabupaten Bogor, baru-baru ini, sangat diapresiasi Pemkab Bekasi.

“Pemerintah Kabupaten Bekasi menyambut baik dibukanya akses jalan tol tersebut yang memberikan kemudahan aksesibilitas kepada masyarakat dan juga pelaku usaha di kawasan industri, baik yang berada di wilayah Kabupaten Bekasi maupun yang berada di luar daerah khususnya Kabupaten Bogor,” ujar Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, kemarin.

Selain memudahkan kendaraan pengangkut barang dari kawasan industri di Kabupaten Bekasi  menuju Kabupaten Bogor ataupun sebaliknya, masyarakat juga mempunyai akses yang lebih cepat.

Sebagai dukungan Program Strategis Nasional (PSN) tersebut, Pemerintah Kabupaten Bekasi, berupaya untuk memperbaiki infrastruktur pendukung salah satunya fasilitas-fasilitas yang ada di sekitar maupun pintu tol Cimanggis-Cibitung ini.

Sebagaimana diungkapkan  WapresMa’ruf Amin  saat peresmian jalan tol ini, bahwa  pembangunan Jalan Tol Cimanggis-Cibitung untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan perluasan pemerataan pembangunan.

Kehadiran tol tersebut akan mendorong efisiensi dan efektivitas kegiatan ekonomi di kawasan ini yang nantinya akan menyumbang pembangunan ekonomi kawasan dan nasional.

Dengan kehadiran jalan tol tersebut, terjadj konektivitas antar kawasan di wilayah Jakarta dan sekitarnya, dan  dapat meningkat dengan terintegrasinya Jalan Tol Cimanggis–Cibitung dengan jaringan jalan tol di kawasan Jabodetabek.

Berdasarkan SK Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1626/KPTS/M/2024, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Segmen Simpang Susun Cikeas sampai dengan Junction Cibitung sepanjang 19,65 kilo meter  telah memenuhi persyaratan laik fungsi secara teknis, administratif, dan sistem operasi tol sehingga dapat dioperasikan. (jonder sihotang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *