65 Persen Lansia di Jakarta Sudah Disuntik Vaksin Covid 19

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus menggencarkan vaksinasi terhadap lanjut usia yang menjadi bagian dari kelompok prioritas untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. 

Data dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat sejak dimulai vaksin terhadap lansia hingga 4 Juni 2021, 593.122 orang lansia atau 65,1 persen sudah mendapat vaksin dosis pertama.

Sedangkan untuk dosis kedua telah diberikan kepada 533.954 lansia. Target lansia yang mendapatkan vaksin Covid-19, sebanyak 911.631 orang.

Pelaksanaan vaksinasi terhadap kelompok lansia berdasarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.02.02/II/1406/2021 tentang Percepatan Pelaksanaan Vaksinasi pada Kelompok Pra-lansia dan hasil BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) terkait vaksin Covid-19 AstraZeneca.

Dinkes DKI juga mengatakan bila masyarakat dengan usia 50-59 tahun dapat melakukan vaksinasi di fasilitas kesehatan atau faskes terdekat. Usia tersebut merupakan kelompok kedua yang paling rentan terpapar Covid-19.

“Layanan vaksinasi untuk pra lansia ini berbasis tempat tinggal dengan menunjukan KTP atau keterangan domisili di wilayah DKI Jakarta,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Widyastuti.

Selain itu, untuk para pendamping dua orang pra lansia akan mendapatkan kesempatan untuk divaksinasi.