Foto : Timnas Indonesia U 20 saat menghadapi India di laga Kejuaraan Bola Voli Asia

Taklukan India Timnas Indonesia Putra U 20 ke Semifinal Kejuaraan Bola Voli Asia

Loading

SURABAYA (independensi.com) – Usai menaklukkan India dengan skor 3-1 (25-20, 25-23, 16-25, 25-18), Timnas Indonesia dipastikan tampil di semifinal Kejuaraan Bola Voli Asia Putra U-20 Tahun 2024 (22nd Asian Men’s U-20 Volleyball Champions) dalam laga perempatfinal yang berlangsung di Jawa Pos Arena Surabaya, Jawa Timur Sabtu (27/7) malam.

Selain menjadi semifinalis kejuaraan dua tahunan itu, tim asuhan pelatih asal China, Li Qiujiang dipastikan lolos ke Kejuaraan Dunia Bola Voli U-21, tahun 2025. Empat tim semifinalis lolos ke kejuaraan dunia yang diselenggarakan FIVB.

Indonesia lolos ke babak perempatfinal, setelah keluar sebagai juara Pul A babak penyisihan. Di babak penyisihan itu, Dawuda Alaihi dkk tidak terkalahkan dari tiga laga. Sehingga, Mohammad Fahril dan kawan-kawan menyusul tiga tim lainnya yang sudah lebih memastikan tiket empat besar. Yakni juara bertahan Iran, Korea Selatan, dan Jepang.

“Puji syukur bisa memenuhi target lolos ke semifinal, saya terharu dan senang dengan perjuangan seluruh pemain yang tampil all out,” kata Manajer Timnas Indonesia,  Loudry Maspaitella usai laga.

Mantan pemain nasional ini mengungkapkan bahwa sebelum pertandingan, tim pelatih sudah menganalisa kekuatan dan kelemahan India untuk menyiapkan taktik dan strategi yang tepat.

“India punya kelebihan pada postur pemainnya yang rata-rata tinggi, tetapi pola mainnya sedikit lamban. Itu yang diantisipasi tim pelatih dan berhasil,” ujarnya.

Tuan rumah Indonesia yang mendapat dukungan seribuan suporter, langsung tampil agresif lewat Dawuda, Darda Mulya, Farchan, dan pengatur serangan Fahril. Sempat ketat pada awal set, Indonesia bisa menang 25-20.

Pada set kedua, Indonesia masih terus menekan dan sempat unggul lima angka 18-13. Namun, India bisa mengejar dan menyamakan skor 18-18 lewat servis tajam Nikhil.

Namun, tim Garuda Jaya bisa mengendalikan keadaan dan memperbaiki penerimaan bola servis untuk kembali memimpin 22-19 dan menutup set kedua dengan skor 25-23.

India bangkit pada set ketiga dengan memperbaiki blok dan penerimaan bola servis. Dhruvil Nayanbhai dkk langsung memimpin 6-1 setelah tiga kali memblok smes pemain tuan rumah. Setelah itu India tidak terkejar dalam perolehan angka dan menang 25-16.

Memasuki set keempat, tuan rumah kembali menemukan ritme permainannya dan berbalik menekan untuk unggul 12-7. Indonesia terus bermain solid dan mengakhiri perlawanan India dengan skor 25-18.

“Sebelum pertandingan sempat ada rasa grogi, tetapi itu bisa diatasi. Kami bersyukur bisa menang dan memastikan lolos semifinal,” tandas Kapten Timnas Indonesia U 20 Mohammad Fahril.

Untuk diketahui, Indonesia masih menyisakan satu laga melawan tim kuat Jepang pada hari ini, Minggu (28/7) malam untuk menentukan juara Grup E.

Berikut jadwal lengkap pertandingan  pada, Minggu (28/7/2024) yang bakal berlangsung di,

Jawa Pos Arena, 

Jam 11.00 WIB: China – Kazakhstan

Jam 13.30 WIB Iran – Korsel

Jam 16.30 WIB Arab Saudi – India

jam 19.00 WIB INDONESIA – Jepang.

Gelora Pancasila,
Jam 11.00 WIB: Australia – Kuwait
Jam 13.00 WIB: Hongkong – Bangladesh
Jam 16.30 WIB: Qatar – Thailand
Jam 19.00 WIB: Taiwan – Vietnam. (Ane)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *