Mohamed Salah
Mohamed Salah. (foto istimewa)

Salah Bayar Lunas Kritikan

JAKARTA (IndependensI.com) –  Mohamed Salah membayar lunas kritikan yang dialamatkannya saat ini.

Reputasinya sebagai predator ulung kembali pulih setelah tampil gemilang saat membantu Liverpool mengalahkan Red Star Beograd 4-0 pada laga penyisihan Grup C Liga Champions, Kamis (25/10). Salah menyumbangkan dua gol pada menit ke-45 dan ke-51 dari titik putih.

Dua gol The Reds lainnya disumbangkan Roberto Firmino (20) dan Sadio Mane (80). Bagi Salah, laga yang berlangsung di Anfield Stadium terasa istimewa. Bintang asal Mesir tersebut menorehkan sejarah sebagai pemain tercepat Liverpool yang mencapai 50 gol dari 65 penampilannya di semua kompetisi.

Salah memecahkan rekor sebelumnya milik Albert Stubbins pada 1940 (50 gol dari 77 penampilan). Masuk dalam buku rekor Liverpool membuat Salah bangga. Namun, pemain yang mengemas enam gol dari 13 penampilannya sepanjang musim ini menganggap keberhasilannya tidak terlepas dari bantuan rekan setim.

“Ini adalah rekor yang hebat dan saya sangat bangga. Tetapi, saya hanya ingin terus mencetak gol dan membatu tim memenangkan pertandingan. Kami bermain dengan sistem dan cara berbeda. Kami mengetahui kualitas kami dan kami sangat senang,” ungkap Salah dilansir Reuters.

Kembali tajamnya Salah seakan mengakhiri nada-nada sumbang publik terhadapnya. Seperti diketahui, pemain berusia 26 tahun itu sempat paceklik dalam empat pertandingan beruntun.

Hal itu membuat berbagai pihak ragu Salah mampu mengulangi pencapaian 44 gol pada musim lalu. Namun, Pelatih Liverpool Juergen Klopp menegaskan dia tidak pernah khawatir. Klopp menilai, Salah merupakan pemain berkualitas hebat sehingga gol demi gol dan bahkan rekor akan datang dengan sendirinya.

“Sangat baik ketika Anda tidak membicarakan itu (kritikan) karena akan sangat membantu. Saya tidak pernah ragu terhadap kemampuan Salah. Jika Anda bekerja keras, mendapatkan ruang dan rekan-rekan melihat Anda, maka Anda akan mencetak gol.

50 gol adalah pencapaian hebat. Semoga Salah terus mencetak gol,” ucap Klopp. Juru taktik asal Jerman tersebut turut mengapresiasi kinerja timnya keseluruhan. Klopp menilai Liverpool menunjukkan dominasinya atas Red Star di sepanjang laga.

Kemenangan mengukuhkan wakil Inggris itu di puncak klasemen sementara Grup C dengan enam poin. Klopp berharap Liverpool mampu melanjutkan performa bagusnya di Liga Primer. Mereka akan menjamu Cardiff City di Anfield Stadium, Sabtu (27/10).

Klub asal Merseyside itu menargetkan kemenangan guna menjaga persaingan dengan Manchester City (Man City). Saat ini kedua tim samasama mengoleksi 23 poin. Namun, The Citizensbercokol di puncak klasemen sementara Liga Primer dengan keunggulan selisih gol.

“Ketika tenang, kami bermain sepak bola dan menciptakan banyak peluang. Ini adalah pertandingan bagus dan saya menikmatinya. Kami tampil oke dan pantas menang,” kata Klopp.

Sedangkan bagi tim tamu, Red Star belum mampu meraih kemenangan di babak penyisihan Liga Champions (dua kalah dan satu imbang). Akibatnya, mereka terjebak di dasar klasemen sementara Grup C dengan torehan satu poin.(budi/ist)