Amien Rais

LSI : Amien Rais Terkenal, Tapi Tak Mampu Pengaruhi Suara Masyarakat di Pilpres 2019

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, menyebut Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais populer di mata masyarakat. Meski populer Amin Rais tidak mampu mempengaruhi suara masyarakat di Pilpres 2019.

“Amien Rais tokoh agama yang paling sering muncul ke publik dengan berbagai aksi dan komentarnya. Secara popularitas, Amien Rais adalah tokoh agama yang paling dikenal. Mereka yang mengaku mengenal Amien sebesar 83,1 persen, namun dari angka tersebut, hanya 57,2 persen yang menyatakan suka dengan sosok Amien,” kata peneliti LSI Ikrama Masloman di kantor LSI Graha Dua Rajawali, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (14/11/2018).

Sementara itu, yang menyatakan akan mendengarkan imbauan Amien hanya di angka 9,4 persen.

“Dan mereka yang menyatakan mendengar imbauan Amien Rais hanya 9,4 persen. Popularitas Amien yang tinggi memang tidak sebanding dengan kekuatan pengaruhnya saat ini,” ucapnya.

Kemudian dalam survei tersebut, ketika dilihat dari segmen pemilih Nahdlatul Ulama (NU), pengaruh Amien Rais lebih kecil. Muslim NU yang mengaku mendengarkan imbauan Amien hanya 6,3 persen suara.

“Segmen muslim NU adalah segmen terbesar pemilih muslim jika dilihat dari afiliasi organisasi keagamaannya. Di muslim NU, mereka yang menyatakan mendengar imbauan Amien Rais hanya 6,3 persen. Sementara untuk yang menyatakan tidak mendengarkan imbauan Amien sebesar 81,8 persen,” jelasnya.

Survei ini dilakukan pada 10-19 Oktober 2018 menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden 1.200, melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini sebesar kurang-lebih 2,8 persen.