Puncak Peringatan HUT ke-261 Kota Yogyakarta Akan Digelar Malam Ini

Loading

YOGYAKARTA (IndependensI.com) – Daerah Istimewa Yogyakarta genap memasuki usia yang ke 261 Tahun,  Puncak peringatan HUT ke-261 Kota Yogyakarta akan digelar pada Sabtu (7/10). Ada beberapa  ruas jalan di pusat kota akan ditutup selama 6 jam untuk arak-arakan ‘Wayang Jogja Night Carnival. Dampak dari  penutupan beberapa ruas jalan tersebut, dipastikan akan terjadi kepadatan bahkan kemacetan .  Untuk itu bagi warga masyarakat dihimbau  agar  memperhatikan titik-titik lokasi yang ditutup sehingga tidak terjebak kemacetan.

Kepala Bidang Lalulintas Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Yulianto mengatakan penutupan jalan akan dimulai pada pukul 17.30 WIB sampai dengan pukul 23.00 WIB. Titik penutupan dilakukan di beberapa lokasi yaitu dari sisi simpang timur simpang Gramedia, depan toko Gramedia akan ditutup.

Selain itu penutupan jalan juga diberlakukan di jalan Sabirin sisi utara di ujung utara, disamaping kantor Arpus, di depan MC Donal jalan Sudirman, dari jalan C Simnanjutak dari arah utara kendaraan akan diarahkan hanya ke timur.

“Depan McDonald di jalan Sudirman akan bersih dari kendaraan saat pelaksanaan. Di jalan Faridan Noto kita tutup di ujungnya, karena untuk menurunkan para peserta,” kata Yulinato di komplek kantor Balaikota Yogyakarta.

Sementara dari arah utara, penutupan dilakukan di Simpang Jetis. Ada 2 alternatif, kendaraan yang dari utara dapat diarahkan ke kanan yakni ke jalan Wolter Mongosidi atau ke kiri di jalan Sarjito. Di Simpang Pingit dari jalan Magelang, kendaraan juga tidak diperbolehkan ke timur, sehingga penutupan dilakukan di jalan Asem Gede.

Dampak dari penutupan tersebut, diperkirakan akan terjadi kepadatan kendaraan di beberapa ruas jalan. Antara lain di Jalan Cik Ditiro, Jalan C Simanjutak, simpang Mirota, Jalan Suroto, Jalan Wolter Mongosidi, Jalan Sarjito, Jalan Magelang, Jalan Tentara Pelajar dan juga di Jalan Maliboro.

“Kepadatan kemungkinan akan banyak terjadi di jalan Suroto karena semua kendaraan akan masuk ke sana, Jalan Maliboro juga berimbas biasanya,” katanya.

Bagi masyarakat yang akan menyaksikan kegiatan puncak HUT Kota diminta untuk memarkir kendaraanya di kantong-kantong parkir yang sudah disediakan. Antara lain di Jalan Poncowinatan dan di seputaran Mc Donald Jalan Sudirman.

Sedangkan untuk parkir kendaraan tamu atau parkir VVIP dan VIP disediakan di sisi utara dan selatan Jalan Diponegoro serta di sisi utara Jalan Jenderal Sudirman.

“Kendaraan tamu akan diberi stiker khusus. Masyarakata umum parkir di Poncowinatan dan seputaran McDonald,” kata Yulianto.

Sekitar 600 personel gabungan dari Dinas Perhubungan DIY, kepolisian dan Satpol PP akan diterjunkan untuk ikut mengatur lalu lintas saat acara berlangsung. Sedangkan karnaval akan berlangsung mulai dari Jalan Sudirman ke arah Tugu Pal Putih, kemudian ke arah selatan menuju Jalan P Mangkubumi.