Libur Imlek, Objek Wista Kabupaten Gunung Kidul Dibanjiri Ribuan Wisatawan

Gunung Kidul (IndependensI.com)  – Dinas Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat ribuan wisatawan mengunjungi berbagai objek wisata yang ditarik retribusi selama dua hari libur Imlek.

“Jumlah pengunjung selama dua hari yakni Jumat (16/02/2018) dan Sabtu (17/02/2018), data yang masuk dari pos retribusi seluruh objek wisata sebanyak 33.033 wisatawan yang berwisata di Gunung Kidul,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Hary Sukmono di Gunung Kidul, Minggu.(18/02/2018)

Hary  mengatakan jumlah pengunjung hari ini kemungkinan sekitar 16 ribu wisatawan  mengunjungi destinasi wisata, tetapi untuk tepatnya besuk,” jelas Hary.

Hary mengatakan sebagian besar pengunjung atau sekitar 80 persen wisatawan mengunjungi pantai selatan. Sisanya mengunjungi objek wisata lainnya seperti Gunung Api Purba Nglanggeran, Gua Pindul, dan berbagai obyek lainnya.”Pantai masih mendominasi kunjungan wisata,” lanjut Hary.

Dengan banyaknya kunjungan wisata tersebut, ia mengatakan, pemkab akan membenahi kawasan pantai. Pedagang yang semula berjualan di dekat bibir pantai akan direlokasi ke tempat baru, sehingga tidak mengganggu aktivitas wisata. Pemkab menyiapkan anggaran Rp4,7 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

Hary menegaskan, untuk penataan dilakukan bertahap, karena menyangkut pola perekonomian masyarakat, selain itu juga keterbatasan anggaran.

“Dengan penataan diharapkan wisatawan bisa nyaman, pedagang dan masyarakat bisa mendapatkan keuntungan perekonomian dengan baik,” pungkas Hary.