CVR Lion Air PK-LQP Harus Ditemukan untuk Ungkap Kecelakaan

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Ketua Komite Nasional Keselamatan Nasional (KNKT) Soerjanto Tjahjono mengatakan, pihaknya akan terus mencari keberadaan black box Cockpit Voice Recorder (CVR) milik Pesawat Lion Air PK-LQP dengan kode penerbangan JT610. Meski terbentur dana untuk mencari kotak hitam itu, kotak tersebut harus ditemukan untuk mengungkap kejadian jatuhnya pesawat naas tersebut.

“Kita mau nyari sampe ketemu. Jadi selama kita masih mampu karena pencarian itu kan membutuhkan dana. Kalau kita berusaha semaksimal mungkin menemukan black box itu karena CVR ini sangat kritikal dalam kecelakaan Lion JT610 ini,” kata Soerjanto di Dermaga JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (9/11/2018).

“Jadi kita butuh juga CVR ini apa sih yang dibicarakan antar kedua pilot tersebut, nanti akan berhubungan masalah training, human factor masalah argonomi dari pesawatnya apapun karena hal ini sangat berkaitan dengan masalah human factor,” tuturnya lagi.

Dia melanjutkan, dalam mencari CVR milik Lion Air ini tidak mempunyai batas waktu sampai kapan pencarian tersebut akan dilakukan. Pihaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk menemukan CVR tersebut.

“Jadi kalau masih sebulan, dua bulan lagi ya kita akan berusaha sekuat tenaga dan semampu kita dananya yang ada nanti, pada satu saat kalau memang kita enggak mampu kita akan bicarakan dengan teman-teman, karena ini juga masalah Internasional ya. Nanti kita kan, Malaysia aja yang di sana kita cari, ini kan kita dekat-dekat sini enggak di cari. Ini juga kita tetap ingin mencari CVR itu,” ungkapnya.

Ia menegaskan, jika besok Badan SAR Nasional tidak memperpanjang waktu pencarian terhadap korban. Pihaknya tetap akan terus melakukan pencarian hingga benar-benar CVR ditemukan dengan meminta bantuan dari tim penyelaman dari TNI, Basarnas dan lainnya.

“Iya masih terus (cari CVR). Kita juga selalu minta bantuan dari Basarnas, Bisa dari TNI, bisa dari swasta, bisa dari BPPT, dari semua pihak yang memiliki kompetensi untuk yang kita butuhkan selalu kita akan minta bantuan kepada mereka,” katanya.