KPU : Tak Ada Capres Pakai Alat Bantu Komunikasi Saat Debat

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Wahyu Setiawan menegaskan, capres Joko Widodo (Jokowi) tidak menggunakan alat bantu komunikasi pada saat debat kedua pilpres. Wahyu mengatakan, tidak ada alat bantu yang dipakai oleh kedua capres.

“Baik capres 01 dan capres 02 tidak ada yang menggunakan alat bantu. Jadi clearya seperti itu,” tegas Wahyu ketika dikonfirmasi wartawan, Senin (18/2/2019).

Apakah alat bantu pendengaran, alat bantu komunikasi atau alat bantu lain, tidak ada yang digunakan oleh Jokowi maupun Prabowo. “Tidak ada yang menggunakan alat bantu,” tambah dia.

Sebelumnya, beredar informasi yang menyatakan capres Jokowi menggunakan earpiece selama mengikuti debat kedua pilpres. Alat bantu itu diduga ditempatkan di dalam telinga Jokowi dan dioperasikan dengan bulpen yang dipencet-pencet oleh Jokowi.

Isu tersebut segera dibantah oleh TKN Jokowi-Ma’ruf Amin. Selain itu, Jokowi juga secara langsung membantahnya. Sebagaimana diketahui, debat kedua pilpres telah selesai digelar pada Ahad malam. Dalam debat tersebut dibahas sejumlah tema yakni energi-pangan, SDA-lingkungan hidup dan infrastruktur.