Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev

Presiden Uzbekistan Dorong Kerja Sama Ekonomi Asia Tengah

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Presiden Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev mendorong terbentuknya kerja sama ekonomi Asia Tengah. Pernyataan itu disampaikan Mirziyoyev dalam Pertemuan Konsultatif Ketiga Kepala Negara Asia Tengah di Avaza, Turkmenistan, Jumat (6/8/2021).

Dinas penerangan kepala negara Uzbekistan, IA Dunyo, menyebutkan pertemuan dipimpin oleh Presiden Turkmenistan Gurbanguly Berdimuhamedow, dihadiri Presiden Mirziyoyev, Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev, Presiden Kirgizstan Sadyr Japarov, Presiden Tajikistan Emomali Rahmon, dan Perwakilan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Asia Tengah, Kepala Pusat Regional PBB untuk Diplomasi Pencegahan Asia Tengah (UNRCCA) Natalia Gherman.

Asia Tengah adalah wilayah yang sangat penting secara geostrategis dan geo-ekonomi. Lebih dari 74 juta orang tinggal di wilayah ini. Sejarah dan budaya masyarakat, ekonomi dan infrastruktur negara-negara di kawasan ini saling berhubungan erat.

Seperti yang telah berulang kali dicatat oleh pemimpin Uzbekistan, negara-negara di kawasan itu menghadapi tujuan utama yakni upaya bersama mengubah Asia Tengah menjadi kawasan yang Makmur, stabil, dan maju secara ekonomi.

Untuk mencapai tujuan tersebut, serta untuk sepenuhnya menyadari potensi kawasan, memperkuat hubungan saling percaya, bertetangga baik dan kerja sama, maka Presiden Shavkat Mirziyoyev pada tahun 2017 berinisiatif untuk menyelenggarakan Pertemuan Permusyawaratan Kepala Negara Asia Tengah.

Inisiatif yang memenuhi kepentingan mendasar persaudaraan rakyat di negara kawasan Asia Tengah mendapat dukungan luas dan dengan cepat menjadi kenyataan. Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) pertama para pemimpin berlangsung pada Maret 2018 di ibu kota Kazakhstan Nur-Sultan, yang kedua pada November 2019 di kota Tashkent. KTT berikutnya di Avaza Turkmenistan juga sangat kaya dan informatif.

Presiden Shavkat Mirziyoyev mencatat dalam pidatonya bahwa berkat kemauan politik serta upaya bersama, hari ini kawasan Asia Tengah menjadi ruang bertetangga baik, kerja sama yang saling menguntungkan, dan pembangunan berkelanjutan.

“Dalam pembentukan suasana politik baru di sini, sulit untuk melebih-lebihkan peran Pertemuan Permusyawaratan Kepala Negara Asia Tengah. Pertemuan rutin kami di tingkat tertinggi memungkinkan kami untuk sepenuhnya menyadari potensi unik kawasan ini,” ungkap Presiden Shavkat Mirziyoyev dalam siaran pers Kedutaan Besar Uzbekistan di Jakarta yang diterima IndependensI.com, Minggu (8/8/2021).

Pertemuan Konsultatif Ketiga Kepala Negara Asia Tengah di Avaza, Turkmenistan, Jumat (6/8/2021).

Kepala negara Uzbekistan mengungkapkan visinya tentang isu-isu topikal dan mengajukan sejumlah proposal.

Tercatat bahwa realitas saat ini membutuhkan langkah tegas untuk membentuk model kerja sama ekonomi baru di Asia Tengah. Penting untuk mengidentifikasi titik pertumbuhan baru, pendorong pembangunan baru untuk jangka panjang.

Kebutuhan untuk membangun perdagangan intra-regional ditekankan, dan untuk transisi ke rezim perdagangan bebas sepenuhnya, penting untuk menghilangkan hambatan yang ada. Rantai nilai yang panjang dapat diciptakan melalui pengembangan kerja sama industri, inovasi dan teknologi digital.

Perlu dicatat bahwa untuk hal tersebut, kontak bisnis langsung antara pengusaha dan wilayah negara kita harus didorong, dan forum investasi dan ekonomi harus diadakan secara berkala.

Presiden Shavkat Mirziyoyev mengatakan bahwa waktunya telah tiba untuk mengadopsi Perjanjian tentang Arahan Umum Perdagangan Regional dan Kerja sama Ekonomi.

Merupakan kepentingan strategis bersama negara-negara Asia Tengah untuk secara efektif menggunakan potensi transportasi dan transit di kawasan ini. Sistem transportasi yang luas dan terintegrasi dapat menjadi pusat transit utama di benua Eurasia.

Dalam hal ini, kepala negara Uzbekistan menyerukan pemuatan sepenuhnya dari koridor dan infrastruktur transportasi yang ada, termasuk pelabuhan Laut Kaspia, pusat logistik lintas batas yang besar.

Selain itu, di masa depan, Uzbekistan berharap untuk menggunakan kemungkinan koridor Trans-Afganistan “Termez – Mazar–i–Sharif – Kabul – Peshawar”, jalan dan rel kereta “Cina – Kirgizstan – Uzbekistan”.

Pentingnya dimulainya kembali komunikasi transportasi lengkap sesuai dengan persyaratan sanitasi juga ditekankan.

Isu ketahanan energi kawasan menjadi semakin mendesak mengingat pertumbuhan ekonomi dan populasi nasional. Dalam hal ini, perlu untuk melanjutkan upaya pembentukan ruang energi bersama, dengan memberikan perhatian khusus pada implementasi lanjutan dari energi “hijau” dan teknologi hemat energi

Presiden Uzbekistan mengusulkan untuk mengintensifkan kegiatan Dewan Koordinasi Ketenagalistrikan negara-negara Asia Tengah, memperluas mandat dan kekuasaannya, serta tingkat keterwakilan negara-negara.

Perhatian peserta pertemuan tertuju pada semakin parahnya masalah penyediaan produk makanan bagi penduduk dalam konteks pandemi. Di beberapa wilayah di dunia, terjadi kenaikan harga dan kelangkaan bahan makanan pokok.

Kepala negara Uzbekistan, yang mendukung inisiatif untuk mengadakan pertemuan rutin para menteri pertanian negara-negara kawasan, mengusulkan untuk memasukkan dalam agenda pertemuan pertama mereka masalah pengenalan sistem pemantauan keamanan pangan regional.

Ini akan memungkinkan untuk menentukan arah khusus dan program bersama untuk meningkatkan produksi pangan dan mengontrol kualitasnya, termasuk pengiriman ke pasar dunia.

Mereka juga menyinggung masalah koordinasi yang erat dan gotong royong dalam memerangi pandemi.

Untuk tujuan ini, Presiden Shavkat Mirziyoyev mengusulkan untuk meluncurkan sistem informasi terpadu untuk pengakuan hasil tes dan sertifikat vaksinasi, memperluas pertukaran pengalaman di bidang pencegahan, diagnosis dan pengobatan penyakit menular, pelatihan pekerja medis, menjalin kerja sama ilmiah di bidang farmakologi dan kerja sama dalam produksi obat vital.

Ditekankan juga bahwa fokus harus selalu pada masalah lingkungan di wilayah tersebut. Perlu untuk memperluas skala kerja sama, untuk mengambil semua tindakan yang mungkin untuk mengurangi konsekuensi dari bencana Laut Aral.

Dalam konteks ini, Presiden Uzbekistan mengusulkan untuk mengembangkan program regional “Agenda Hijau” untuk Asia Tengah, yang akan berkontribusi pada adaptasi negara kita terhadap perubahan iklim, serta pengenalan teknologi hemat sumber daya yang lebih luas.

Pemimpin Uzbekistan menekankan pentingnya memperkuat hubungan kawasan kami dengan kawasan besar lainnya di dunia. Ia berterima kasih kepada para kepala negara atas dukungan dan partisipasi aktif delegasi negaranya dalam Konferensi Internasional tentang Keterkaitan Asia Tengah dan Selatan yang baru-baru ini diadakan di Tashkent.

“Kita semua menyadari peran penting yang dimainkan kaum muda dalam pembangunan negara kita, yang merupakan mayoritas penduduk di kawasan ini. Hari ini, ketika perjuangan untuk pikiran dan hati generasi muda berlanjut di seluruh dunia, kita perlu mendidik generasi muda kita, di mana masa depan Asia Tengah bergantung, dalam semangat patriotisme, menghormati nilai-nilai nasional dan universal,” sebut Presiden Shavkat Mirziyoyev.

Kepala negara Uzbekistan mengusulkan untuk mengadakan Forum Pemuda Asia Tengah di Uzbekistan tahun depan, yang akan menjadi langkah penting menuju pembentukan platform guna memperkuat kepercayaan dan persahabatan, dialog interaktif antara perwakilan pemerintah dan pemuda negara Uzbekistan.

Faktor penting dalam memperkuat hubungan persaudaraan masyarakat kita adalah pengembangan lebih lanjut dari ruang budaya dan peradaban bersama.

Presiden Uzbekistan menekankan pentingnya penyelenggaraan rutin festival, hari-hari  budaya dan pertunjukan film, penerbitan bersama buku-buku tentang warisan budaya Asia Tengah.

Faktor efektif lain yang berkontribusi pada pemulihan hubungan masyarakat kita adalah sektor pariwisata. Penting untuk secara aktif menerapkan insentif tambahan agar meningkatkan pertukaran wisatawan intra-daerah.

Kepala negara kita mengusulkan untuk memulai implementasi praktis dari program bersama “Satu tur – Seluruh Wilayah” yang mencakup seluruh rangkaian produk pariwisata.

“KTT hari ini memperoleh makna khusus karena fakta bahwa terjadi pada malam peristiwa penting yaitu peringatan 30 tahun kemerdekaan negara bagian kita. Ini adalah tahun-tahun yang sulit bagi kami semua. Kesimpulan utamanya adalah bahwa hanya bersama-sama, saling mendukung, kita dapat mencapai solusi untuk masalah yang kita hadapi, memastikan pembangunan wilayah yang berkelanjutan dan meningkatkan kesejahteraan penduduk. Tidak ada alternatif lain,” kata Mirziyoyev.

Pentingnya menanamkan karakter yang stabil dan tidak dapat diubah ke dalam proses kerja sama regional, penggunaan lebih luas dari potensi “diplomasi rakyat”, parlemen, lembaga masyarakat sipil dan ruang media untuk tujuan ini ikut ditekankan.

“Kami menyambut baik pengembangan lebih lanjut dari Dialog Perempuan Asia Tengah, perluasan kontak untuk mencapai tujuan global di bidang kesetaraan gender,” ujar Mirziyoyev menekankan.

Mempertimbangkan tumbuhnya peran parlementarisme, Presiden negara Uzbekistan mengusulkan untuk mengadakan Forum Parlemen Regional di Tashkent.

Di akhir pidatonya, presiden menyatakan keyakinannya bahwa hasil pertemuan Permusyawaratan akan menjadi kontribusi yang berharga bagi penguatan lebih lanjut kemitraan multi-bidang dari masyarakat persaudaraan di Asia Tengah.