Honda Scoopy (Foto: astra-honda.com)

Mau Punya Honda Scoopy? Ketahui Dulu 8 Keunggulan Motor Ini

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Motor merupakan sarana transportasi yang sangat fleksibel. Kendaraan roda dua ini mudah digunakan di berbagai kondisi jalan. Bagi yang suka melakukan perjalanan antarkota, touring dengan motor dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan. Saat bepergian di dalam kota, menggunakan motor juga sangat ideal.

Honda Scoopy merupakan salah satu kendaraan roda dua yang cukup populer di Indonesia. Skuter matik yang diproduksi PT Astra Honda Motor ini diminati karena modelnya yang unik. Selain itu, fitur yang disematkan pada Honda Scoopy cukup lengkap dan bermanfaat bagi pengendara. Nah, bagi Anda yang ingin membelinya, yuk simak dulu ulasan berikut.

1. Sistem Injeksi Honda PGM-FI

Generasi pertama Honda Scoopy mulai dijual di Indonesia pada 20 Mei 2010 lalu. Sebelumnya, motor matik berbentuk unik ini telah lebih dahulu dikenal di Thailand. Berselang tiga tahun kemudian, versi yang lebih baru diluncurkan. Generasi kedua ini memiliki tampilan baru dan dilengkapi sistem injeksi Honda PGM-FI.

Keunggulan sistem injeksi ini adalah lebih ramah lingkungan. Dengan memadukan teknologi catalytic converter dan sensor cerdas, emisi bisa ditekan hingga 90% sehingga sesuai dengan standar regulasi EURO 3. Selain itu, teknologi ini juga membuat motor lebih irit bahan bakar, tetapi tetap bertenaga.

2. Bodi yang Menarik

Mengapa Honda Scoopy digandrungi oleh para milenial? Hal ini tak terlepas dari berbagai kelebihan yang dimiliki kendaraan roda dua tersebut. Selain ragam fitur menarik yang dihasilkan oleh sejumlah inovasi dari generasi ke generasi, Honda Scoopy juga identik dengan desain yang unik dan elegan. Jika dipandang dari berbagai sisi, motor ini terlihat sempurna.

Lekukan bodi Honda Scoopy tak kalah klasik jika dibandingkan dengan motor matik Vespa walaupun harganya lebih miring. Hal ini bisa dibuktikan sendiri jika Anda memantau harga keduanya di Blibli. Selain itu, produk Honda ditawarkan dengan beragam pilihan warna yang keren, ceria, dan dinamis, baik dengan gaya sporty maupun stylish.

3. Bisa Mengisi Daya Ponsel

Jika tidak sempat mengisi daya ponsel di rumah, Anda bisa melakukannya dalam perjalanan. Hal ini dimungkinkan dengan fitur USB Power Charger yang terdapat pada bodi Honda Scoopy. Jadi, pengendara hanya perlu mempersiapkan kabel USB dan memasukkan pada tempat yang tersedia. Dengan daya sebesar 2,1 A dan tegangan 5 Volt, proses charging terbilang cukup cepat.

4. Kapasitas Bagasi yang Besar

Jika dilihat dari bentuk fisiknya, kelebihan Honda Scoopy adalah memiliki ruang bagasi yang besar. Daya tampung bagasi skuter matik ini mencapai 15,4 liter. Artinya, pengendara bisa membawa dan menyimpan cukup banyak barang selama perjalanan, termasuk helm. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih tenang karena helm tersimpan dengan aman.

5. Memiliki Fitur Alarm

Terkait faktor keamanan, Honda Scoopy juga memiliki fitur alarm yang sangat bermanfaat. Fitur ini meminimalkan risiko pencurian terhadap kendaraan Anda. Alarm diintegrasikan dengan fitur Answer Back System. Gunanya untuk memudahkan pemilik mencari posisi kendaraan saat sedang diparkir. Bagi Anda yang sering bingung dengan informasi arah, kehadiran fitur ini tentu sangat berguna.

6. Aman dengan Parking Brake Lock

Parking Brake Lock bekerja seperti hand brake pada kendaraan roda empat, yaitu mengunci sistem pengereman. Fitur ini akan membantu mengunci posisi motor. Biasanya, Parking Brake Lock digunakan saat kendaraan berada di jalan menanjak maupun menurun. Fitur ini juga bisa diandalkan untuk menahan pergerakan motor ketika sedang berhenti dan dalam keadaan mesin masih menyala.

Parking Brake Lock biasanya disematkan pada motor-motor matik. Cara menggunakannya pun tidak sulit. Anda hanya perlu menekan tuas rem belakang, kemudian menarik tuas Parking Brake Lock pada Honda Scoopy yang berada di dekat tuas rem. Jika ingin melepasnya, tarik tuas rem dalam-dalam dan fungsi Parking Brake Lock pun akan terlepas.

7. Penerangan Optimal dengan Lampu LED

Ketika bepergian pada malam hari, Anda pasti sangat membutuhkan penerangan yang optimal agar aman dalam perjalanan. Hal ini dimungkinkan dengan fungsi lampu utama pada kendaraan roda dua. Ada dua jenis lampu yang umum digunakan, yaitu lampu halogen dan lampu LED.

Lampu LED yang disematkan pada Honda Scoopy memiliki sejumlah keunggulan, antara lain tidak menghasilkan panas, lebih terang, dan lebih fokus. Selain itu, lampu LED dapat menghemat daya hingga 80%.

8. Combi Brake System Dukung Keselamatan

Fitur Combi Brake System merupakan salah satu fitur yang perlu dimiliki oleh sebuah kendaraan matik. Fitur ini menggabungkan rem depan dengan rem belakang. Jadi, dengan menekan tuas rem di sebelah kiri kendaraan, kedua rem ini bisa difungsikan sekaligus.

Jarak pengereman rem depan biasanya terlalu pendek, sedangkan rem belakang terlalu panjang. Apabila keduanya dipadukan, jarak pengereman saat berkendara akan makin tepat. Selain praktis, fitur ini akan dapat menambah tingkat keselamatan selama berkendara.

Berbagai fitur yang disematkan pada Honda Scoopy membuat kendaraan roda dua ini semakin menarik. Pengendara pun akan merasa lebih nyaman dan tidak khawatir, baik ketika sedang berkendara maupun saat memarkir motor di parkiran. Bagi Anda yang ingin membeli Honda Scoopy, tidak perlu ragu lagi, saatnya merasakan keunggulan skuter matik!