Kantor Pusat Perumda Tirta Bhagasasi di Kabupaten Bekasi.

Air Baku Masih Terbatas: Perumda Tirta Bhagasasi  Mulai Berproduksi di Tiga Cabang

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Tiga Instalasi Pengolahan Air (IPA) milik Perumda Tirta Bhagasasi, hari Selasa (19/9/2023) siang, sudah mulai berproduksi. Ketiganya di Cabang Babelan, Tarumajaya dan Cabang Pondokungu.

“Air baku sudah mulai ada kendati belum normal seperti biasanya. Karena air baku masih terbatas, tentu pengolahan  air bersih belum maksimal. Tapi yang jelas sudah mulai produksi,, walau masih terbatas,” ungkap Direktur Teknik Perumda Tirta Bhagasasi Johny Dewanto.

Posisi siang hari ini, sudah mulai proses produksi, kendari belum memenuhi standar baku mutu air baku. Kita berharap suplai air baku secara normal dari Perum Jasa Tirta (PJT) II semakin lancar.

Dengan demikian, pengolahan di tiga IPA cabang tersebut,  dapat kembali seperti biasa, dan pelayanan air bersih kepada sekitar 80.000 pelanggan di tiga wilayah, dapat terlayani,  katanya.

Untuk melancarkan aliran  air baku di saluran, petugas operator hingga Selasa malam, terus membersihkan sampah yang menghambat jalannya air. Hal itu terjadi di saluran  Harapan Indah menuju IPA Pondokungu.

Sebagaimana diketahui, sejak tanggal 28 Agustus hingga saat ini, pelayanan air bersih kepada pelanggan di tiga cabang tersebut, tidak berjalan normal. Bahkan, beberapa kali produksi sempat berhenti, dampak air baku yang tercemar limbah dan debit air kecil.

Selama produksi terkendala, petugas Perumda Tirta Bhagasasi tetap mendistribusikan air kepada pelanggan menggunakan mobil tanki. Bahkan, Selasa malam, distribusi air melalui mobil tanki, terus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, ungkap Johny.  (jonder sihotang)