Foto : Kades Boboh, Abdul Mujid saat memantau pembangunan tanggul waduk yang hendak dijadikan kawasan destinasi wisata.

Genjot PADes, Pemdes Boboh Manfaatkan Waduk Jadi Destinasi Wisata Kuliner

Loading

GRESIK (Independensi.com) – Pemanfaatan kawasan waduk Dusun Gantang, Desa Boboh, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, untuk dijadikan sentra Wisata Kuliner telah digagas Pemerintah Desa (Pemdes) setempat.

Sesuai rencana kawasan tersebut nantinya terdapat area pemancingan yang bisa dinikmati para pengunjung. Sebab dengan luas waduk setengah hektar itu, dipastikan bisa memanjakan para pemancing dalam menyalurkan hobbynya dan bisa menikmati langsung hasil memancingnya.

Kepala Desa (Kades) Boboh, Abdul Majid mengaku terinspirasi dari desa lain yang sudah menciptakan pariwisata desa. Karena itu, Sentra Wisata Kuliner dihadirkan sekaligus menjadi upaya Pemdes Boboh untuk meningkatkan perekonomian masyarakat serta mendongkrak Pendapatan Asli Desa (PADes).

“Di Dusun Gantang ini ada waduk, kenapa tidak kita optimalkan untuk destinasi wisata? Selain bisa menjadi sumber pendapatan desa, masyarakat kami juga bisa merasakan manfaatnya secara ekonomi,” ujarnya, Selasa (7/11).

Konsep Sentra Wisata Kuliner lanjut Majid, nantinya adalah warung panggung atau warung apung yang dibangun dengan material beton (cor) dan papan atau bambu disekitar waduk.

“Rencananya nanti kita kelola, dimana di tengah waduk kita beri warung panggung, seperti stan yang terapung. Pengunjung bisa memancing di sekitar waduk dan hasil dari mancing bisa langsung dimasak dan dimakan di tempat,” tuturnya.

Majid menambahkan, dari wisata itu nantinya selain bisa menjadi ikon desa, juga diharapkan bisa menampung UMKM yang ada di Boboh. “Para penjual di wisata kuliner nantinya kami prioritaskan warga sendiri, demi untuk mendongkrak perekonomian desa maupun masyarakat Boboh,” ungkapnya.

“Untuk saat ini, proyek sudah dimulai dengan pembangunan tanggul atau plengsengan di pinggir waduk. Tidak hanya agar waduk semakin rapi, plengsengan ini juga dimaksudkan untuk dibuat stan dan jalan bagi pengunjung,” imbaunya.

Masih menurut Majid, untuk membangun destinasi itu rencananya akan menelan  anggaran sekitar Rp 1 miliar yang didapatkan dari berbagai sumber. Seperti, bantuan dari Pemkab Gresik maupun stakeholder lainnya.

Terkait hal tersebut, Camat Menganti Gresik, Hendriawan Susilo, sangat mendukung dengan apa yang direncanakan oleh Pemdes Boboh. Karena merupakan suatu inovasi yang bagus, dalam meningkatkan perekonomian.

“Kami disini, memfasilitasi dan mendorong semua kegiatan untuk kemajuan desa. Kami mendukung semua yang direncanakan ini, dengan harapan potensi masyarakat bisa berkembang untuk memajukan masyarakat,” terangnya.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Gresik Mujid Riduan yang turut meninjau lokasi tersebut mendukung adanya wisata yang akan dibangun oleh Pemdes Boboh. Ia berharap agar pengelolaan wisata baru ini benar-benar diprogram dengan cermat, sehingga bisa berkembang, tidak justru mangkrak.

“Inovasi seperti sangat baik dan kami sangat mendukung. Kami juga berharap, pelaksanaannya dikelola dengan baik agar bisa menambah PADes,” pungkas Mujid Riduan. (Mor)