Abdy Yuhana Dorong Masyarakat Kembangkan Ekonomi Kreatif

Loading

Majalengka- Anggota DPRD Jabar, Dr. H. Abdy Yuhana, SH., MH. mendorong masyarakat untuk mengembangkan ekonomi kreatif sebagai upaya mewujudkan kemandirian ekonomi.

“Ekonomi kreatif merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang memiliki arti penting dan kedudukan yang strategis dalam menopang ketahanan ekonomi masyarakat, memajukan pembangunan, mengembangkan inovasi, kreativitas dan daya saing, mewujudkan pertumbuhan ekonomi serta pemciptaan lapangan kerja,” ujar Abdy saat menggelar sosialisasi Perda Jawa Barat Nomor 15 Tahun 2017 tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif, 3 November 2023 di Majalengka.

“Dengan segala potensi ekonomi kreatif Jawa Barat yang cukup banyak perlu dikembangkan dan dimanfaatkan secara optimal melalui perluasan produk ekonomi kreatif dengan penyediaan infrastruktur serta teknologi informasi dan komunikasi yang berkualitas,” sambung Caleg DPR RI dari dapil Subang, Majalengka, Sumedang tersebut.

Sekjen PA GMNI ini juga menerangkan bahwa tujuan dari terbitnya Perda ini adalah untuk mendorong peningkatan daya saing dan kreativitas pengusaha dan pelaku ekonomi kreatif serta kualitas industri kreatif.

“Perda ini juga untuk mendorong peningkatan perlindungan, pengembangan dan pemanfaatan sumber daya alam dan sumber daya budaya bagi industri kreatif secara keseluruhan. Jadi para pelaku ekonomi kreatif dapat lebih tenang dalam berkreasi,” tegasnya.

Legislator PDI Perjuangan ini juga mendorong kelompok muda untuk semakin berani dalam membangun ekosistem ekonomi kreatif di lingkungannya.

“Sektor ekonomi kreatif mencakup berbagai industri seperti seni, budaya, desain, hiburan, teknologi, dan lainnya. Ini menciptakan banyak peluang pekerjaan bagi individu dengan berbagai latar belakang dan keterampilan. Dengan begitu, ekonomi kreatif membantu mengurangi tingkat pengangguran dan memberikan sumber pendapatan kepada masyarakat,” ajak Abdy.

Industri ekonomi kreatif seringkali memiliki nilai tambah yang tinggi dan dapat menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi bagi individu, perusahaan, dan pemerintah. Ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat secara keseluruhan dan mengurangi kemiskinan,” sambungnya.

Pengembangan ekonomi kreatif sering kali mendorong investasi swasta dan kewirausahaan. Ini membantu membangun ekosistem bisnis yang dinamis dan mendukung pertumbuhan ekonomi.

“Ekonomi kreatif dapat membantu masyarakat mengurangi ketergantungan pada sektor-sektor ekonomi tertentu yang mungkin rentan terhadap perubahan pasar atau gejolak ekonomi,” pungkasnya.