Pj Wali Kota Bekasi R Gani Muhamad pimpin RPD Forkopinda bersama pejabat terkait. (humas)

Forkopimda Kota Bekasi Selenggarakan RPD 2025

Loading

BEKASI (IndependensI.com)-   Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bekasi selenggarakan Rapat Perencanaan Pembangunan Daerah (RPD) terkait program daerah tahun  2025.

RPD dikoordinir  Badan Perencanaan, Pengembangan, dan Penilitian Daerah (Bappelitbangda) untuk  penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) bertempat di   Aula  Nonon Sonthanie Pemkot Bekasi, kemarin.

RPD dihadiri  unsur Forkopimda, pejabat terkait, semua Cama dan Lurah,  se Kota Bekasi. Adapun tema pembangunan, yakni “Penguatan Kualitas Manusia Melalui Pembangunan Pendidikan, Kesehatan, dan Ketahanan Keluarga yang Inklusif dan Merata”.

RPD inj  merupakan titik awal bagi seluruh Perangkat Daerah  untuk mempersiapkan tahapan perencanaan pembangunan mulai dari Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang)  hingga tersusunnya RKPD Tahun 2025. Tujuannya, agar angka-angka indikator pembangunan semakin meningkat dari tahun sebelumnya.

Setidaknya ada  10 program   yang harus diselenggarakan secara kolaboratif dan integratif oleh seluruh komponen Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki tugas fungsi pokok dan pendukung prioritas pembangunan dimaksud sehingga pencapainnya dapat diwujudkan sesuai target waktu yang telah ditentukan,” ujar Pj. Wali Kota Bekasi Gani Muhamad.

Ia  mengingatkan kepada seluruh jajarannya agar memperhatikan prioritas program dan kegiatan melalui proses musyawarah dengan mempertimbangkan aspek fungsi dan kewenangan maupun kemampuan pembiayaan.

Karena dalam perencanaan pembangunan yang dimusyawarahkan diharapkan dapat menyesuaikan kemampuan pembiayaan dengan mensinergikan sumber dana baik dari APBN, APBD Provinsi, maupun APBD Kota Bekasi, sehingga anggaran dapat dialokasikan dengan efektif dan efisien serta tepat sasaran. (jonder sihotang)