Rapat koordinasi persiapan pelaksanaan APBD Pemkot Bekasi. (humas)

Rakor Pelaksanaan APBD 2024 Kota Bekasi Bahas Sejumlah Program

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Sejumlah program Pemkot Bekasi dalam APBD  tahun 2024, dibahas. Pembahasan dipimpin Pj Wali Kota R Gani Muhamad dalam rapat koordinasi (rakor) bersama semua jajaran aparatur di lingkungan Pemkot Bekasi, kemarin.

Diantara permasalahan yang dibahas, antara lain,  Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2023. Langkah Strategis dalam Capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tahun 2024, dan  perkembangan persiapan dan langkah antisipasif pelaksanaan Pemilu 2024.

Terkait LKPD, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Sudarsono memaparkan bahwa ke-7 komponen yang harus dipersiapkan setiap Perangkat Daerah adalah;
laporan realisasi anggaran, laporan perubahan saldo anggaran lebih, neraca,  laporan operasional, laporan arus las, laporan perubahan ekuitas, dan catatan atas laporan keuangan.

Dalam rakor, Gani  menegaskan agar  memastikan semua Perangkat Daerah menyerahkan setiap komponen sesuai ketentuan agar dapat meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di tahun 2024..

Adapun langkah-langkah strategis dalam pencapaian PAD, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Arief Maulana menerangkan bahwa timnya akan memaksimalkan aplikasi untuk mendorong percepatan peningkatan kepatuhan para Wajib Pajak dalam membayarkan pajaknya agar di tahun ini PAD tercapai sesuai target yang telah ditetapkan.

Menyambut pelaksanaan Pemilu 2024 tanggal  14 Februari,  Asisten Daerah Bidang Pemerintahan, Lintong Dianto Putro menyampaikan bahwa persiapan pengadaan sarana dan prasarana logistiknya sudah  90 persen.

Gani menyambut baik  kesiapan Pemerintah Kota Bekasi dalam mendukung pemenuhan Sarana Prasarana Logistik Pemilu 2024. Ia berpesan agar Camat/Lurah setempat juga dapat berperan penuh dalam mendukung terselenggaranya Pemilu dengan lancar, aman, dan tertib. (jonder sihotang)